Kepala Kemenag Rokan Hulu, DRs H Ahmad Supardi Hasibuan MA
Kepala Kemenag Rokan Hulu, DRs H Ahmad Supardi Hasibuan MA

Roksn Hulu (SegmenNews.com)– Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, menyatakan bahwa 23 Jamaah Calon Haji (JCH) Rohul dipastikan batal berangkat menunaikan ibadah haji ke Baitullah tahun ini, sebagai akibat dari kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang memangkas kuota haji 20 persen.

Demikian disampaikan Kakan Kemenag Rohul kepada wartawan, di kantornya Jalan Ikhlas Kompleks Perkantoran Pemerintah, Pasir Pengaraian, Sabtu (20/7/2013).

Dikatakannya, pemotongan 20 persen JCH tersebut sebagai akibat dari renovasi Masjidil Harom Makkah, dimana selama ini 48.000 JCH dapat melakukan thowaf setiap jam, namun dengan adanya renovasi, hanya 24.000 JCH dapat melaksanakan thowaf perjamnya.

Kebijakan pemotongan tersebut, telah ditetapkan oleh Menteri Agama melalui Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 63 Tahun 2013 tentang Kebijakan Pemotongan JCH Berangkat. Berdasarkan PMA tersebut, pemotongan dilakukan dari nomor porsi paling belakang, tegas Ahmad Supardi.

Menurut Ahmad Supardi Hasibuan, JCH Rohul yang telah melakukan pelunasan tahun ini sebanyak 228 orang, sedangkan yang terkena pemangkasan adalah 23 orang, dengan demikian yang dapat berangkat adalah 205 orang, ditambah dengan 2 orang petugas daerah, maka jumlah JCH Rohul yang dapat dipastikan berangkat adalah 207 orang.

Saya berharap kepada 23 JCH yang terkena pemangkasan, agar dapat bersabar, tawakkal kepada Allah SWT, dapat menerima pemangkasan tersebut dengan lapang dada. Insya Allah 23 JCH batal tersebut menjadi prioritas untuk berangkat pada tahun 2014 yang akan datang, tegas Ahmad Supardi.

Ahmad Supardi, berharap kepada 207 JCH Rohul yang akan berangkat, agar bersyukur kepada Allah SWT telah diberikan kesempatan menunaikan ibadah haji tahun ini, disertai dengan doa, semoga dapat menunaikan ibadah haji sesuai dengan syarat dan rukunnya, memperoleh haji mabrur, dan dapat kembali ke tanah air dan Rohul dengan selamat, serta berjumpa kembali dengan sanak keluarga.

Untuk itu, seluruh JCH agar bersiap-siap dan menyiapkan diri untuk menunaikan ibadah haji, sebab waktunya sudah dekat. Insya Allah tanggal 9 September 2013, kloter pertama Batam akan terbang menuju Arab Saudi dengan pesawat Saudi Arabian Air Lines, tegas Ahmad Supardi. (r4n/rls)