Kemenag Rohul Beri Pembinaan Pengelola Wakaf
Kemenag Rohul Beri Pembinaan Pengelola Wakaf

Rokan Hulu (SegmenNew.com) – Bertempat di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu, Selasa (23/7)menggelar kegiatan pembinaan dan sosialisasi wakaf bagi pengelola wakaf. Pembinaan diikuti sebnyak 40 orang pengelola wakaf di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu,Drs.H.Ahmad Supardi,MA dalam sambutan dan arahannya menyampaikan, perwakafan merupakan pranata dalam keagamaan yang sudah mapan. Dalam hukum Islam, wakaf tersebut termasuk dalam kategori ibadaha kemasyarakatan.

Lebih lanjut Supardi mengatakan, Wakaf adalah sarana dan modal yang amat penting untuk memajukan perkembangan agama di dalam masyarakat. Dalam PP Nomor 28 Tahun 1977 tentang Perwakafan tanah milik yang menjadi cikal bakal terbentuknya Peraturan Perundangan tentang Wakaf menjadi salah satu dasar tanah wakaf dapat digunakan sebagai salah satu sarana pengembangan kehidupan keagamaan dan kemasyarakatan khususnya bagi ummat Islam.

Kakan.Kemenag juga mengatakan, dimasa pertumbuhan ekonomi indonesia yang kian membaik, peranan wakaf belum dapat dirasakan manfaatnya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya di bidang ekonomi.

Sementara itu, Penyelenggara Syari’ah H. Abdurrahman Jailani,S.Ag mengatakan, kegiatan ini merupakan salahsatu kegiatan yang tertera dalam DIPA 2013. Katanya, diharapkan dengan kegiatan ini pengelola wakaf di lingkungan Kementerian Agama Kab Rokan Hulu bisa memahami dan mengetahui wawasan tentang wakaf.

Selain Kepala Kan.Kemenag Kab. Rokan Hulu, sebagai pemateri juga Kasubbag TU H Zulkifli,S.Ag,M.Pd.I, Kasi Bimas Islam, H. Rusli dan Peny. Syari’ah H.Abdurrahman Jailani. (r4n/rls)