bawang merahDumai (SegmenNews.com)– Aparat TNI Kodim 0303 Dumai-Bengkalis mengamankan puluhan ton bawang merah impor diduga ilegal asal Thailand, Kamis (25/7) malam.

Bawang merah impor yang dilarang masuk melalui pelabuhan resmi Dumai ini diamankan TNI di Dermaga Arang, Kelurahan Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan, saat dilakukan bongkar muat dari kapal ke dalam truk.

Komandan Kodim 0303 Dumai-Bengkalis Letkol (Inf) Sukirman Sulaeman di Dumai, Jumat, mengatakan penangkapan produk pertanian itu telah diintai sebelumnya berdasarkan informasi masyarakat setempat.

Bawang merah diketahui milik seorang pemain lama penyelundupan bawang impor di Kota Dumai yang akan ditimbun di gudang penyimpanan di Jalan Kelakap Tujuh, Dumai Selatan.

Untuk kepentingan pemeriksaan aparat, kini bawang merah beserta supir dan truk lansir diamankan di markas Kodim di Jalan Jenderal Sudirman Dumai.

Dari hasil penghitungan sementara pihaknya, bawang merah diperkirakan beratnya 65 ton dengan armada truk lansir sebanyak sembilan unit.

“Bawang diduga impor asal luar negeri ini diamankan anggota saat sedang bongkar muatan di salah satu perairan keatas truk lansir, dan untuk kepentingan pemeriksaan, kini kita amankan di markas Kodim,” terang Letkol Sukirman.

Dia menjelaskan bahwa pengintaian ini sudah dilakukan pihaknya hampir sepekan, dan pada Kamis malam sekitar pukul 19.00 WIB berhasil mendapati aktivitas pemasukkan bawang non prosedural ini dan langsung melakukan tindakan pencegahan. (lis)