Ceramah Agama Pada Malam Nuzul Quran Tingkat Kab. Rohul Yang di isi Uztad Prof. DR. Yusril Ihza Mahendra Masjid Agung Madani Islamic Center Pasir Pengaraian (foto humas)
Ceramah Agama Pada Malam Nuzul Quran Tingkat Kab. Rohul Yang di isi Uztad Prof. DR. Yusril Ihza Mahendra Masjid Agung Madani Islamic Center Pasir Pengaraian (foto humas)

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Malam Nuzulul Quran Ramadhan 1434 H di Kabupaten Rokan HUlu berlangsung khidmad. Masjid Agung Madani Islamic Center PasirPangaraian tempat acara digelar di padati ribuan jemaah dari berbagai pelosok Desa se-Rohul, Kamis (25/7/2013).

Nuzul Qur’an yang di laksanakan Pemkab Rohul kali ini di hadiri oleh mantan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menhumham) RI, Yusril Izha Mahendra, tak lupa pula Bupati Rohul Drs.H. Achmad M.Si yang selalu hadir pada kegiatan keagamaan di masjid Islamic tersebut dan Wakil Bupati Rohul Ir.H. Hafith Syukri, MM, Sekdakab Rohul Ir. Damri, MM, Ketua TP PKK Rohul Hj Magdalisni Achmad, Ketua GOW Rohul Hj. Rayahuwati Syukri, unsur Forkompinda, pimpinan SKPD, kalangan camat dan kepala desa, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda.

Bupati Rohul menyampaikan bahwa umat jangan hanya bisa menghafal, tetapi berusaha memahami isi dari kandungan Alquran tersebut, sebagai pedoman hidup sehari-hari. Dia menyebutkan, Alquran merupakan wahyu Allah, Sebab dalam Alquran seluruh apsek kehidupan manusia memiliki panduan tersendiri. Alquran tidak ada tandingannya dengan kitab-kitab lain yang ada dibumi ini.

Untuk itu Bupati juga telah melaksanakan program menghafal Alqur’an dan khatam Alqur’an sedikitnya 5 kali selama Ramadhan. Diharapkan Program tersebut dapat membawa Kabupaten Rokan Hulu mendapat anugrah dan rahmad dari allah SAW.

Pemkab Rokan HUlu juga sedang membangun asrama bagi tahfiz al-qur’an yang ditargetkan setiap tahunnya menamatkan 300 tahfiz-tahfiziah Alqur’an. Diasrama tersebut akan dibangun laboratorium Alqur’an dan ilmu islam di komplek Masjid Agung Madani Islamic Centre PasirPangaraian.

Tak tanggung-tanggung Pemkab Rokan Hulu bakal menampilkan sebanyak 2.000 Hafiz dan Hafizoh Alqur’an pada pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Riau ke-32 yang sebentar lagi akan di langsungkan.

Disamping itu, terkait malam Nulu Qur’an ini, Bupati mengimbau kepada umat Islam agar meningkatkan bacaan-bacaan ayat suci alqur’an.

Dikesempatan itu, Yusril Izha Mahendra memaparkan tentang makna Alqur’an. Umat muslim harus bisa mengamalkan alqur’an dan mengerti isi kandungannya. Alqur’an adalah sebagai pedoman di dalam kehidupan sehari-hari sesuai ketentuan dan yang di ajarkan Nabi Muhammad kepada umatnya dan segala perintah allah. (adv/hum)