Truk semen terperosok di sinkhole ((Chinacartimes.com)
Truk semen terperosok di sinkhole ((Chinacartimes.com)

SegmenNews.com– Kejadian mengerikan kembali terjadi di jalanan Provinsi Shaanxi, utara China, akhir pekan lalu. Sebuah truk semen yang sedang melaju terperosok ke dalam lubang besar yang muncul secara tiba-tiba.

Dilaporkan China Car Times dan South China Morning Post, Senin 29 Juli 2013, truk semen berukurang besar itu tertelan lubang ‘misteri’ yang memiliki kedalaman sekitar tujuh meter.

Truk nahas yang tengah melakukan perjalanan ke sebuah tempat konstruksi bangunan itu, hanya menyisakan bagian ‘kepala’ di jalanan. Sementara bodinya masuk ke dalam lubang.

Beruntung tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Si pengemudi truk berhasil lolos dari maut tanpa mengalami luka sedikit pun. Meski begitu, dibutuhkan sedikitnya 10 kendaraan derek untuk mengevakuasi truk semen tersebut.

Insiden munculnya lubang runtuhan atau sinkhole bukan kali pertama terjadi di China. Urbanisasi besar-besar di sana membuat marak pembangunan rumah dan gedung. Tapi sayangnya, banyak konstruksi yang tidak berkualitas sehingga menyebabkan pergeseran tanah dan berpotensi amblas.

Pada Mei lalu, lima orang dilaporkan tewas ketika sebuah sinkhole dengan kedalaman 10 meter di Shenzhen. Dua bulan sebelumnya, seorang pria meninggal dunia setelah terperosok sinkhole di pusat perbatasan Guangdong.

Pada Januari 2013, sebuah sinkhole 300 meter persegi menelan lima toko dan 3.000 rumah tangga di Guangzhou.

sumber: viva