ilustrasi
ilustrasi

Pekanbaru (SegmenNews.com)– Pemudik yang melintas di sejumlah ruas jalan yang ada di Riau diminta mewaspadai daerah yang rawan banjir dan rawan longsor. Data di Polda Riau, terdapat 32 titik rawan banjir dan 8 titik rawan longsor.

Titik rawan banjir tersebut, di antaranya 14 titik di Pekanbaru. Seperti Kawasan Persimpangan Jalan Riau-Jalan Riau IV, di Jalan Riau ujung dekat Klenteng Cina, Jalan Jendral Sudirman di depan Hotel Furaya, Jalan Jendral Sudirman depan RS Awal Bross, Jalan Nelayan Rumbai, Jalan Meranti Pandak Rumbai Pesisir, Jalan H.R. Soebrantas di depan Perum Cipta Karya, Pelita Pantai, Jalan Tanjung Medang Limapuluh, Jalan Tanjung Batu Limapuluh, Jalan Jati Limapuluh, Jalan Sumber Sari Limapuluh, Jalan Usaha Limapuluh dan Jalan Satria Tenayan Raya.

Sementara di Kota Dumai ada 4 titik rawan banjir, yakni: Jalan Kakap Tujuh, Jalan Dock Yard, Jalan Pangkalan Sena dan Jalan Budi Kemuliaan. Di Kabupaten Bengkalis ada 8 titik rawan banjir, diantaranya: Kelurahan Penampi, Kelurahan Temeran, Kelurahan Penebal, Kelurahan Pematang Duku, Kelurahan Bantan Tengah, Keluarahan Bantan Air, Kelurahan Muantai dan di area Perumahan Proyek Sakai, Kecamatan Pinggir.

Sementara itu di Jalan Lintas Rohul ada 4 titik, di KM 184-185 Kecamatan Rambah, KM 187-188 Kecamatan Rambah, Kelurahan Kota Lama Kecamatan Kunto Darussalam dan Desa Kasang Padang Kecamatan Kepenuhan. Di Kabupaten Pelalawan ada dua: Desa Kemang KM 76 Kecamatan Pangkalan Kuras dan Jalan Lintas Timur KM 74-75. Di Inhil titik rawan banjir ada di KM 263 Kecamatan Gangsal dan KM 218 Kecamatan Kuala Cinaku. Sementara di kabupaten lainnya, tidak ada titik macet.

Sementara itu, 8 daerah rawan longsor yaitu: Di Jalan Lintas Kabupaten Inhil di Kuala Enok Kecamatan Tanah Merah dan Desa Cinaku Rumbai Jaya sepanjang 8 KM. Di Kabupaten Siak terletak di Jalan Lintas Pekanbaru-Duri KM 57-59 Kandis meski jalan ini sedang dalam pengerjaan perbaikan. Di Kabupaten Inhu titik rawan longsor ada di KM 20 Simpang Mangga Kecamatan Kelayang dan KM 229 Desa Kuala Cenaku.

Sementara di Kabupaten Kampar ada dua titik rawan longsor, yaitu di: KM 81-84 Rantau Berangin dan KM 95-110 Jalan Lintas Sumbar-Riau. Dan terakhir di Kabupaten kuansing, Bukit Cokiak Kecamatan Singingi sepanjang 1 KM dan Desa Kasang Kecamatan Kuantan Mudik sepanjang 3 KM. Sementara Kabupaten/Kota lainnya masih nihil.

Kapolda Riau Brigjen Pol. Drs. Condro Kirono SH MHum melalui Kabid Humas Polda Riau AKBP Hermansyah SH SIK menghimbau hendaknya bagi yang mudik harus berhati-hati, lengkap dan taat berkendara serta mematuhi peraturan lalu lintas. “Kita minta kepada masyarakat yang mudik jarak jauh untuk tidak menggunakan sepeda motor,” ungkapnya. (chir/rtc/knc)