int
int

Pekanbaru (SegmenNews.com)– Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau, menetapkan sebanyak 237 tempat berupa masjid dan lapangan terbuka hijau di seluruh kota ini untuk mendukung kelancaran umat muslim di daerah itu menyelenggarakan shalat Idul Fitri 1434 Hijriah.

“Lokasi shalat tahun 2013 berkurang sebanyak 10 lokasi dibandingkan penetapan lokasi tahun lalu namun demikian persiapan penyelenggaraan shalat Idul Fitri sudah matang bekerja sama dengan Kemenag Kota Pekanbaru, unsur muspida dan camat kota ini,” kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT di Pekanbaru, Jumat.

Didampingi Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Muhammad Syukri Harto ia mengatakan untuk menyiapkan tempat sholat itu Pemkot sudah membentuk panitia pelaksana bekerja sama dengan Kementrian Agama Kota Pekanbaru Danramil dan camat setempat.

Seluruh camat, katanya, sudah diperintahkan untuk mempersiapkan tempat pelaksanaan shalat Idul Fitri dan untuk memastikan kesiapan tersebut para camat diminta memeriksa kesiapan tempat pelaksanaannya.

“Selain tempat pelaksanaan shalat, seluruh tempat pelaksanaan shalat Idul Fitri tersebut sudah dilengkapi peralatan mulai sound system, tikar shalat, pembatas saf, dan perlengkapan lainnya untuk kelancaran pelaksanaan shalat Idul Fitri nanti,” katanya.

Di samping itu, camat juga diminta menyiapkan lahan parkir kendaraan bermotor untuk menghindari aksi pencurian sepeda motor saat pelaksanaan shalat sekaligus menghindari kemacetan di sepanjang jalan tempat kaum muslim melaksanakan shalat Idul Fitri tersebut.

Dalam rangkaian mudik Lebaran 2013, Firdaus juga meminta masyarakat untuk mengaktifkan sistim keamanan kampung dan ketika meninggalkan rumah agar menitipkan kunci ke tempat RT, RW serta mengecek api kompor, jaringan lisktrik untuk menghindari kebakaran.

Sedangkan jadwal malam takbiran belum bisa ditetapkan, kata Syukri Harto, dan menambahkan tentunya menunggu keputusan pemerintah pusat tentang jatuhnya 1 Syawal 1434 Hijriah.

sumber: antara