sbyJakarta (SegmenNews.com)– Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyarankan agar kampanye para calon presiden periode 2014-2019 mendatang tidak dipenuhi janji-janji yang serupa dengan ‘angin surga.’ SBY berujar supaya para calon menyusun materi kampanye yang realistis. Menurut dia, materi kampanye yang gamblang dan jelas akan memudahkan rakyat untuk memilih calon yang tepat.

“Bukan sekedar visi dan misi yang terlalu populer, melainkan harus achievable,” kata SBY pada acara buka puasa bersama para menteri dan pengusaha di Gedung Kementerian Perindustrian, Sabtu, 3 Agustus 2013.

SBY menuturkan saat ini merupakan waktu yang tepat bagi para calon yang akan mengajukan diri untuk bersiap-siap. Persiapan ini, kata SBY, berupa upaya mengenali kelebihan dan kekurangan negara ini. Dengan cara ini, kata dia, waktu yang dibutuhkan para calon akan lebih efisien lantaran fokus untuk memenuhi janji kampanye mereka telah terpetakan. “Jika sudah paham tentang itu kesejahteraan dapat ditingkatkan,” kata dia.

Saat ini, sejumlah politisi mulai mengumumkan keikutsertaannya dalam bursa calon presiden pada pemilihan umum mendatang. Mereka yang akan bertarung di antaranya Ketua Dewan Pertimbangan Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Ketua Umum Hanura Wiranto, dan JenderalPurnawirawan Pramono Edhie Wibowo.

sumber: tempo