ilustrasi
ilustrasi

Usia bukanlah tentang tubuh, melainkan pikiran. Seseorang akan menjadi lebih bijaksana ketika dia menjadi tua. Jika seorang wanita ingin terlihat cantik di usia tua, langkah pertama yang harus dilakukannya adalah perubahan sikap. Bersikap positif terhadap semua perubahan fisik yang terjadi selama proses penuaan dan tetap menjadi diri sendiri. Berikut adalah cara menghadapi proses penuaan dengan tetap merasa muda, seperti dilansir Boldsky.

1. Bentuk tubuh

Memiliki tubuh yang bugar dan sehat tidak terbatas pada seseorang yang berusia muda saja. Berolahraga secara teratur. Hal ini akan memberikan kontribusi tidak hanya untuk penampilan Anda, tetapi juga untuk kesehatan keseluruhan tubuh Anda. Lupakan kulit kendur dan dapatkan lekuk tubuh Anda kembali.

2. Berpakaian sesuai usia

Anda mungkin tak lagi pas dengan tren terbaru yang condong ke anak muda. Anda harus menggunakan pakaian yang sesuai dengan usia Anda. Seseorang yang beranjak tua seharusnya memiliki pemahaman yang realistis tentang tubuh dan cara berpakaian yang baik untuk dirinya.

3. Melawan lingkaran hitam di bawah mata

Lingkaran hitam di bawah mata dapat merusak penampilan Anda dan ini lebih buruk jika dibandingkan dengan munculnya keriput atau uban. Sangat penting untuk mendapatkan cukup tidur dan relaksasi. Anda dapat mencoba solusi alami seperti mengompres dengan irisan mentimun atau kantong teh dingin di atas mata. Kosmetik seperti krim mata yang mengandung vitamin K dan retinol juga dapat digunakan untuk melawan mata panda.

4. Perawatan melawan keriput

Menggunakan kosmetik berbahan peptida, retinol, kinetin atau koenzim Q10 dapat membantu Anda memperlambat hadirnya keriput di wajah. Anda juga dapat berkonsultasi dengan para ahli kecantikan tentang apa perawatan anti-keriput yang cocok untuk kulit Anda.

5. Hindari kesalahan make-up

Hindari penggunaan foundation, perona pipi, eye shadow atau warna bibir yang terlalu tebal. Make-up tebal hanya akan membuat wajah Anda seperti badut.

6. Mengelola uban

Rambut putih dapat dikelola dengan melakukan perawatan alami seperti menggunakan pacar atau mewarnai rambut dengan bahan kimia.

7. Mengubah gaya rambut

Gaya rambut baru akan memberikan perubahan instan yang menyegarkan wajah Anda. Nikmati penampilan baru Anda dan dapatkan pujian dari orang di sekitar Anda.

8. Perawatan tangan dan kaki

Jangan melupakan perawatan tangan dan kaki di mana tanda-tanda penuaan juga hadir di sana. Gunakan tabir surya dan pelembap pada kulit kaki dan tangan untuk menghindari kulit kendur dan keriput. Lakukan pula manikur dan pedikur akan membantu kulit di bagian ini tetap kencang.

9. Jadilah trendi

Anda harus memperbarui tren dan mode yang Anda ikuti. Sesuaikan dengan usia Anda namun tetap mengikuti tren terbaru yang muncul. Hanya saja Anda perlu melakukan mix n’ match sehingga terlihat pas di tubuh Anda.

10. Yakinlah

Memahami bahwa menjadi tua adalah proses alami dan mencoba untuk tetap menjadi diri sendiri.

Jangan pernah berkecil hati atau merasa rendah diri karena usia. Banyak orang yang sudah berumur masih terlihat muda karena jiwa mereka memang tidak pernah tua. Sikap positif itulah yang harus Anda tanamkan di hati Anda.

sumber: merdeka.com