3inJakarta(SegmenNews.com) – Permintaan kendaraan pribadi menjelang musim mudik lebaran mengalami kenaikan. Kenaikan yang paling dirasakan adalah segmen Multi Purpose Vehicle (MPV). Soalnya mobil model itu sangat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Indonesia pun menjadi surga untuk mobil MPV khususnya MPV entry level. Bentuk dan model yang kian dinamis seakan handal untuk dikendarai dengan daya tampung 7 penumpang.

Nah, saat ini Indonesia tersedia banyak MPV entry level. Mulai dari Chevrolet Spin, Daihatsu Xenia, Mazda VX-1, Nissan Evalia, Suzuki Ertiga dan Toyota Avanza. Harga yang ditawarkan penjual pun relatif terjangkau, dan tak lebih dari Rp 200 juta. Ketimbang jenis lain, mobil-mobil tersebut sepertinya lumayan handal.

Anda salah satu peminat kendaran jenis ini? Sepertinya harus menimbang-nimbang terlebih dahulu sebelum membeli. Ini dia 6 MPV murah yang cocok untuk mudik lebaran.

1. Chevrolet Spin

Merek asal Amerika yang dirakit di Indonesia ini lumayan menjadi bumerang untuk merek lain. Harga yang ditawarkan mirip-mirip dengan kompetitor. Chevy Spin dibanderol mulai Chevrolet Rp 139,7 juta sampai Rp 189.7 juta. Untuk yang suka mesin diesel bisa pilih Chevrolet Spin 1.3 LT M/T Rp 179,7 juta atau Chevrolet Spin 1.3 LTZ M/T Rp 189,7 juta.

Kehadirannya di Indonesia sangat penuh perhitungan mulai dari bentuk dan kondisi kabin penumpang. Ada blower AC sampai ke kursi baris ketiga, dengan begitu kondisi kabin penumpang bisa lebih sejuk. Desain blower pun menarik karena tidak menyumbul seperti merek pesaing. Fitur seat bealt sudah tersemat sampai ke kursi baris ketiga.

Dan satu lagi, hati-hati bagi pemudik yang pelesiran ke Sumatera atau Kalimantan. Soalnya ketersediaan jaringan diler belum tersebar luas sampai pelosok.

2. Daihatsu Xenia

Hampir 10 tahun kiprah Daihatsu Xenia di Indonesia. Salah satu mobil andalan keluarga Indonesia satu ini tidak perlu diragukan lagi. Kini Xenia sudah memasuki generasi kedua.

Meski harga yang terus melambung tinggi, namun Daihatsu melengkapinya dengan berbagai fitur, salah satunya fitur dual airbag yang baru saja disematkan pada MPV Xenia. Tersedia seat belt sampai kursi baris ketiga. Tidak seperti pesaingnya sebut saja Chevy Spin, Suzuki Ertiga dan Mazda VX-1 yang menggunakan casis monokok.

Daihatsu Xenia kini dibanderol mulai Rp 134,6 juta – Rp 189.8 juta. Dengan rentan harga tersebut Daihatsu menyediakan banyak pilihan untuk konsumen di Tanah Air.

3. Mazda VX-1

PT Mazda Motor Indonesia memasarkan kembaran Suzuki Ertiga yakni Mazda VX-1. Ada dua varian VX-1 yang dibanderol Rp 178,8 juta (OTR) untuk varian V-Grade dan Rp 191 juta (OTR) untuk varian R-Grade.

Seperti pinang dibelah dua, mobil ini sudah memiliki doubel blower sama seperti MPV Ertiga.

Tidak ada perubahan mesin pada mobil tersebut. Mazda VX-1 menggunakan mesin Suzuki Ertiga yakni K14B DOHC, VVT 4 silinder segaris berkapasitas 1.373 cc, yang sanggup menyemburkan tenaga hingga 95PS/6.000rpm dengan torsi 130Nm/4.000rpm.

Sistem keamanannya pun sama yakni dual airbag. Tersedia Sporty Meter Cluster, Integrated Audio System yang dilengkapi Port USB serta soket 12V untuk charger, leather Shift Knob+Wood Inlay serta Leather Seat Material.

4. Nissan Evalia

Kabin MPV Evalia lebih lega dibanding MPV sekelas tapi daya tampung sama saja yakni idealnya 7 penumpang. Teknologi mesin 1500 cc DOHC dan setara dengan Chevy Spin 1.500 cc bensin serta Toyota Avanza tipe teratas.

Khusus untuk tipe 1.5 XV, sudah dilengkapi dengan SRS Airbag serta fitur ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Brake-Force Distribution) dan BA (Brake Assist).

Untuk memudahkan parkir, ada fitur Parking Sensor dan Rear View Camera. Nissan Evalia tipe 1.5 XV juga dilengkapi dengan Roof Monitor 10 inci yang terintegrasi dengan Head unit 1 DIN dengan DVD, AM FM, USB dan AUX. MPV Evalia masih mengandalkan blowe AC di depan.

Di Indonesia, MPV Evalia dibanderol mulai Rp 155 juta-Rp 192 juta.

5. Suzuki Ertiga

Pendobrak Suzuki di Indonesia ini terbukti menakutkan untuk merek Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza. Soalnya permintaan konsumen Indonesia akan Suzuki Ertiga lumayan tinggi. Suzuki pun mengaku kewalahan memenuhi permintaan konsumen. Suzuki Ertiga GA dibanderol Rp 148 juta. Model ini cuma mengandalkan single blower.

Sementara tersedia double blower untuk GL dan GX. Suzuki Ertiga GL Double Blower transmisi manual dibanderol Rp 162.8 juta dan Suzuki Ertiga GL Double Blower transmisi otomatis dibanderol Rp 173.8 juta.

Sedangkan GX Double Blower transmisi manual dibanderol Rp 174,8 juta dan GX Double Blower transmisi otomatis Rp 185,8 juta. Soal fitur sama persis dengan Mazda VX-1 seperti fitur keselamatan airbag, seat belt sampai kursi baris ketiga serta besi pelindung di setiap pintu. Banyak kesamaan antara MPV Ertiga dan VX-1 transmisi manual, cuma beda emblem saja.

6. Toyota Avanza

MPV Avanza sangat sukses di Indonesia. Sejak kehadirannya, MPV Avanza memimpin pasar di kelas. Terbukti banyak orang Indonesia kepincut dengan mobil tersebut. Untuk memperkuat citra Avanza, pabrikan Toyota menambah dual airbag.

Dengan penambahan fitur keselamatan ini, harga Toyota Avanza naik Rp 3 juta. Untuk menunjang kenyamanan selama berkendara, New Avanza ini juga semakin disempurnakan dengan hadirnya improvement pada Noise, Vibration, dan Harshness (NVH). Dan seat belt di setiap kursi.

Toyota Avanza dengan daya tampung 7 penumpang atau sama dengan pesaingnya itu kini dibanderol mulai Rp 155,55 juta – Rp 181,2 juta on the road Jabodetabek.

(sumber : detikoto)