Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA
Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Untuk merayakan hari kemenangan setelah bertempur melawan hawa nafsu, dengan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan penuh, umat Islam se Rokan Hulu (Rohul) melaksanakan sholat Idul Fitri pada 395 titik, baik di masjid maupun di lapangan.

Demikian disampaikan Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA kepada wartawan, di sela-sela meninjau persiapan venuw-venuw lokasi pelaksanaan MTQ XXXII Tingkat Provinsi Riau Tahun 2013 di Rohul, Selasa (6/8/2013) di Pasir Pengaraian.

Dikatakannya, setiap tahun umat Islam melaksanakan ibadah sholat hari raya Idul Fitri secara beramai-ramai dan insya Allah pada tahun ini, pelaksanaannya serentak, yaitu Kamis 8 Agustus 2013, yang dipusatkan di Masjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pengaraian untuk tingkat Kab Rohul. Sedangkan untuk tingkat Kecamatan, dipusatkan di 16 masjid besar kecamatan se Rohul.

Ahmad Supardi Hasibuan, menyatakan bahwa 395 lokasi-lokasi tempat pelaksanaan sholat Idul Fitri tersebut adalah Kec Rambah 15 masjid dan 1 lapangan; Rambah samo 42 masjid dan 4 lapangan; Rambah Hilir 45 masjid dan 7 lapangan; Bangun Purba 28 masjid dan 4 lapangan; Kepenuhan 12 masjid dan 1 lapangan; Kepenuhan Hulu 17 masjid dan 1 lapangan.

Sedangkan untuk Kec Tambusai 52 masjid; Tambusai Utara 41 masjid dan 2 lapangan; Ujungbatu 27 masjid dan 4 lapangan; Tandun 23 masjid; Rokan IV Koto 17 Masjid dan 1 lapangan; Pendalian IV Koto 14 masjid dan 1 lapangan; Kunto Darussalam 28 masjid dan 3 lapangan; Pagaran Tapah Darussalam 6 masjid; dan Bonai Darussalam 11 masjid. Total 395 lokasi, dengan perincian 366 masjid dan 29 lapangan, tegas Ahmad Supardi.

Ahmad Supardi mengharapkan, agar seluruh umat Islam dapat melaksanakan ibadah sholat Hari Raya Idul Fitri secara khusus’, jangan sampai ada yang tidak ikut melaksanakannya, sebab sholat ini hanya sekali dalam satu tahun dan pelaksanaannya biasanya digabungkan antara beberapa masjid yang ada dalam satu kampung.

Sholat Hari Raya Idul Fitri ini, diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT (Hablum Minallah), setelah selesai melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Dan dapat meningkatkan hubungan baik dengan sesam,a umat manusia (Hablum Minannas)_setelah membayar Zakat Fitrah, pinta Ahmad Supardi. (r4n)