suasana malam takbiran (ilustrasi) (FOTO ANTARA/Andika Wahyu)Pekanbaru (SegmenNews.com) – Sudah menjadi tradisi, malam takbiran di Kota Pekanbaru selalu dihiasi dengan pawai akbar. Begitupun malam takbiran menyambut Idul Fitri 1434 H/2013 ini.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, acara yang dipusatkan di Jalan Gajah Mada, Rabu (7/8/2013) kali ini dilepas oleh Wakil Gubernur Riau, HR. Mambang Mit, karena Gubernur Riau, Rusli Zainal saat ini masih mendekam di tahanan KPK terkait kasus korupsi.

Acara pawai akbar dilepas Mambang Mit selepas shalat isya, diramaikan oleh kurang lebih 200 unit kendaraan roda 4 yang dihias bernuansakan islam dan budaya melayu.

Rute yang diambil dalam pawai kali ini dari Jalan Gajah Mada, kemudian melintasi Jalan Sudirman menuju kawasan purna MTQ dan berputar menuju kawasan Pasar Sukaramai.

Masyarakat Pekanbaru tumpah ruah disepanjang Jalan Gajah Mada dan Jalan Sudirman yang dilalui iring-iringan pawai. Tidak sedikit pula masyarakat yang menggunakan sepeda motor mengiringi kendaraan-kendaraan peserta pawai. Langit kota Pekanbaru pun sesekali dihiasi puluhan bahkan ratusan kembang api dan petasan sehingga menambah semarak acara pawai.

Acara yang juga dihadiri unsur Muspida Riau, seperti Polda, Korem, Kejati dan lainnya ini otomatis mengundang kemacetan, namun warga cukup gembira dan puas.

Untuk mengurai kemacetan, pihak kepolisian memberlakukan sistem buka tutup jalan sudirman.(dn)