Kabupaten Kepulauan Anambas yang terletak di salah satu garis terluar di Indonesia telah ditetapkan menjadi kepulauan terindah se-Asia.

Anambas1

Anda bisa bertraveling kesana dengan menggunakan pesawat dari batam ataupun naik kapal dari daerah tanjung pinang.

Anda akan merasa takjub dan kagum saat datang ke pulau ini, kepulauan Anambas bisa diakses dengam perjalanan lewat udara dengan jarak tempuh 1 jam dari kota batam, atau menaiki kapal dengan lamanya perjalanan mencapai 9 jam dari kota tanjung pinang.

Anambas2

Kabupaten kepulauan Anambas ini masih sangat baru, masih berumur 3 tahun. Kepulauan Anambas ini dulu berada di kabupaten Natuna namun dari 3 tahun lalu anambas ini telah menjadi kabupaten sendiri.  Penduduk dari kabupaten ini adalah yang penduduknya tersebar di pulau Siantan, Mubur, Kiabu, Jemaja dan beberapa pulau yang lainnya. Pulau Anambas ini terletak di tengah laut Cina selatan, yang menjadi salah satu garis terluar Indonesia.

Anambas3

Saat anda menempuh perjalanan udara, setelah 1 jam perjalanan anda akan mendarat di bandara Matak yang di miliki oleh salah satu perusahaan tambang swasta. Bandara ini terletak di gugusan pulau palmatak.  Di sini ada penginapan di daerah tarempa, ibukota dari kabupaten kepulauan Anambas. Untuk kesana sebaiknya menggunakan kapal cepat berukuran kecil selama 15 menit.

Anambas4

Terempa ini ada di sebuah teluk, yang mempunyai air laut yang jernih. Disini anda akan diberikan begitu banyak keindahan alam. Batu besar dengan ornamen-ornamen tersebar di pesisir pantai dan air terjun temburun yang mengalir dari atas tebing langsung jatuh kelaut. Sungguh cantik!

Disini banyak tersedia kedai kopi, makanan khas daerah ini adalah mie tarempa. Disana ada jalan yang dibangun diatas laut dan diberi nama jalan semen panjang, diberi nama tersebut karena pembangunan menggunakan bahan dasar semen beton.

Dari penuturan penduduk lokal, hal ini dilakukan karena memang sulit untuk membangun jalan lewat bukit batu. Dibawah jalan ini anda akan dimanjakan dnegan pemandangan terumbu karang yang subur. Anda bisa melihatnya tanpa perlu menyelam karena air laut sangat-sangat jernih.

Anambas5

Dan diujung jalan, anda akan menemukan batu yang kelihatannya seperti ‘menumpang’ pada batu yang lebih besar. Batu ini tercipta secara alami dan tidak mungkin dibuat oleh manusia. Saat malam datang kegiatan yang dilakukan di tarempa adalah duduk-duduk dikedai kopi dan menimati lautan. Martabak telur dan teh susu menambah lengkap keindahan pulau ini.

Jika anda ingin berkunjung ke air terjun temburun bisa melewati jalur laut dengan menggunakan speed boat sewaan karena jalan darat masih sulit untuk ditempuh. Perjalanannya sekitar 20 menit. Dan anda akan menemui sebuah air terjun yang mendarat langsung kelaut.

Kabupaten kepulauan Anambas ini telah ditetapkan sebagai kepulauan terindah se-Asia oleh salah satu situs berita internasional. Tak disangka indonesia memiliki berlian yang mengapung ditengah laut cina selatan.

(sumber : satubumi)