twitPekanbaru (SegmenNews.com)– Surat suara Pemilihan Calon Gubernur Riau di Kabupaten Bengkalis ternyata tidak tercantum nomor urut 5 yakni, Jhon Erizal dan Mambang Mit (JE-MM).

Atas kerusakan itu KPU Riau siap bertanggungjawab. Namun diyakini tidak semua surat suara yang didistribusikan di kabupaten/Kota se-Riau rusak.

“Ya, kalau ada yang tidak sesuai tentu diganti dan akan kita koordinasikan dengan pihak rekanan,” jelasnya.

Menurutnya, itulah fungsi dari sortir yang dilakukan oleh KPU Kabupaten/Kota menjelang didistribusikan lagi ke masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) nantinya.

“Itulah kenapa ada yang namanya sortir, jadi bisa ketauan apakah ada yang rusak atau tidak sesuai dengan yang seharusnya,” lanjutnya.

“Jadi, kita tinggal menunggu laporan dari masing-masing KPU Kabupaten/Kota. Kalau ada yang tidak sesuai segera koordinasi dengan KPU Provinsi,” lanjutnya.

Saat ini surat suara yang akan dipergunakan untuk pemilihan Kepala dan Wakil Kepala Daerah di Provinsi Riau telah berada di masing-masing Kabupaten/Kota se Riau sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan ditambah 2,5 persen dari jumlah DPT tersebut. (chir/ur)