Bupati Siak, Drs H Syamsuar Msi
Bupati Siak, Drs H Syamsuar Msi

Siak (SegmenNews.com)– Kabupaten Siak menjadi sorotan bersejarah bagi Kementerian Kebudayaan RI, sehingga Siak menjadi ikon jelajah sejarah bersepeda oleh Kementerian Kebudayaan RI bersama 3 Kota besar lainnya di Indonesia.

Direktur Sejarah Kementrian Kebudayaan RI Drs Endjat Djainuderajadjat talah datang ke Siak sejak, Rabu 14/8 hingga 15/8 untuk melakukan peninjauan dan pengecekan terhadap nilai-nilai sejarah yang ada di Kabupaten Siak yang merupakan daerah peninggalan Sejarah Kerajaan dan sudah dikenal oleh masyarakat secara luas.

Rombongan tersebut disambut langsung oleh Bupati Siak, Drs H Syamsuar Msi, didampingi Kadis Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Siak Drs H Kadri Yafiz Mpd sekaligus menggelar pertemuan, di Zamrud room kediaman Bupati Siak, Kamis (15/08).

Endjat Djainuderajadjat menyampaikan saat ini kabupaten Siak jauh lebih berkembang dibandingkan pada tahun 1996 lalu. Siak merupakan kota bernilai sejarah yang mesti digali dan diketahui masyarakat umum.

Kehadirannya di Siak tegas beliau merupakan salah satu agenda jelajah dalam upaya mengembangkan nilai-nilai sejarah dan budaya di Indonesia umumnya dan Siak khususnya.

Siak bersama tiga kota besar lainnya yakni Jogja, Malang dan Ternate masuk sebagai kategori daerah yang memiliki catatan sejarah terlengkap serta memiliki peninggalan-peninggalan sejarah yang cukup penting. Artinya. empat kota besar di Indonesia saat ini icon besar di Kementrian Kebudayaan RI sebagai daerah Jelajah Sejarah.

“Ini harus kita dimanfaatkan, karena ini merupakan harta yang harus di pelihara, kementrian kebudayaan sangat gembira dan menyambut baik, apalagi jika budaya daerah ini seperi lukisan, kuliner melayu, dan para seniman dinegeri ini yang belum bernilai karena hanya belum kita gali, ini tentunya harus kita jaga dan kita lestarikan,” papar Bupati Syamsuar.

Sampai Bupati lagi, atas nama Pemerintah Kabupaten Siak sangat menyambut baik, atas gagasan dari kementrian kebudayaan, karena salah satu Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Siak adalah mengembangkan kebudayaan dan pariwisata.

“Sebab kebudayaan ini bagian dari hidup kita yang tak bisa kita lupakan,” imbuh nya.

Siak sering kecolongan oleh orang asing, karena itu kita harus peduli dengan budaya budaya yang ada di daerah, dan apa yang dilakukan oleh kementrian kebudayaan tentang jelajah sejarah Siak sangat menyambut baik, oleh karena itu tentunya kedepan di Kabupaten Siak selain merupakan kabupaten yang suda dikenal dengan sejarah juga ada nilai nilai budaya yang akan muncul. (rinto/hums)