siswa membawa obor meriahkan HUT RI ke-68
siswa membawa obor meriahkan HUT RI ke-68

Rokan Hilir (SegmenNews.com)– Sempena HUT RI ke-68 di Kabupaten Rokan Hilir terlihat unik dan meriah. Pasalnya, malam HUT RI jalan Protokol di sekitar Kantor bUpati dipenuhi obor yang di bawa oleh siswa SD hingga SLTA, Jum’at (16/8/13).

Pantaun dilapangan tidak semua sekolah yang dilibatkan melainkan sekolah-sekolah yang ada di kecamatan bangko saja dengan pertimbangan kedekatan dengan lokasi acara. Selain pelajar, kegiatan pawai obor juga melibatkan para PNS dan honorer di seluruh SKPD. turut terlibat instansi vertikal seperti POLRI, TNI, Kejaksaan, Pengadilan Negeri dan lain-lain.

Pada malam pawai obor itu, bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Rohil H.Annas Maamun. Sebelum acara pelepasan, dilakukan penyalaan obor secara simbolis dari masing-masing utusan oleh inspektur upacara. Baru kemudian dilaksanakan pawai mengelilingi Kota bagansiapiapi yang telah ditentukan rute yang dilewati.

Rute pawai obor dimulai start dari jalan merdeka, jalan perwira, jalan riau, jalan perniagaan, jalan kelenteng, jalan pahlawan, kembali lagi kejalan merdeka sampai finis depan kantor Bupati Rohil.Pawai obor ini sudah menjadi agenda rutin setiap menyambut HUT Proklamasi. jadi ini sudah kita anggap sebagai tradisi.” kata bupati rohil. (des/ur)