Ketua bawaslu memberikan arahan
Ketua bawaslu memberikan arahan

Pekanbaru (SegmenNews.com)- Sejumlah wartawan dan Ormas di Pekanbaru dilatih oleh Badan Pengawas Pemilu Umum (Banwaslu) RI, terkait pengawasan Pemilu di Hotel Arya Duta, Pekanbaru, Rabu (21/8/13) sore.

Pelatiahan di buka langsung oleh, Ketua Banwaslu, Dr Muhammad SIP MSi. Disampaikannya bahwa, pemilu merupakan sebuah instrumen buka sebuah tujuan akhir dalam sistem demokrasi. Dimana pemilu merupakan suatu proses bukan tujuan.

“Pemilu bukanlah tujuan, pemilu merupakan suatu proses. Dengan demikian pelilu merupakan sebuah instrumen untuk mendapatkan seorang pemimpin yang lebih elegan,” jelasnya.

Untuk mendapatkan pemimpin yang elag tersebut bukan saja menjadi petugas penyelenggara Pemilu yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU), Banwaslu sebagai pengawas. Namu, perlu keterlibatan semua orang.

Begitu pulalah pengawasan. Dalam pengawasan pemilu bukan saja petugas Banwaslu. Namun, juga tugas seluruh masyarakat yang akan memilih dalam pemilu termasuk juga media massa dan juga organisasi massa (ormas).

“Untuk terlaksananya pemilu yang berkualitas memang perlu keterlibatan semua elemen dan untuk pengawasan Pemilu bukan saja tugas Banwaslu namun juga tugas semua elemen baik itu media massa selaku pengontrol dan juga ormas,” katanya

Untuk itu diharapkan peranan media massa dan ormas memang mampuh memberikan peran positif terhasap pemilu. Mengingat Provinsi Riau juga akan melakukan pesta demokrasi pemiihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 4 September 2013 mendatang.

“Ya, mudah-mudahan di Riau ini juga pemilihak kepala daerahnya dapat berlangsung dengan baik dan berkualkitas. Namun, kalu kita lihat sekarang secara garis besar memang sudah cukup baik. Terlihat kalu kita lihat tidak begitu banyak adanya baleho atau reklame yang bisanya sangat mengganggu. Ada memang tapi tidak begitu banyak dan tidak menggangu,” sebutnya. (chir/ur)