Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA
Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Jemaah calon haji (JCH) 1434 H/2013 M sesuai rencana akan diberangkatkan  pada kloter pertama tanggal 10 September 2013 dari Bandara Hang Nadim Batam menuju Madinah Arab Saudi.

Untuk meningkatkan kesiapan Jamaah Calon Haji (JCH) secara fisik dan mental, sehingga dapat menunaikan ibadah haji sesuai dengan syarat dan rukunnya, maka akan dilaksanakan manasik haji kab Rohul pada tanggal 1 dan 2 September 2013 bertempat di Masjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pengaraian.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, di kantornya jalan Ikhlas Kompleks Perkantoran Pemerintah Rokan Hulu, Pasir Pengaraian, Rabu (22/8/13).

Manasik haji ini sangat penting sebab menyangkut dengan kesiapan JCH secara ilmu pengetahuan, untuk dapat menunaikan ibadah haji sesuai dengan syarat dan rukunnya, serta untuk mendapatkan haji mabrur. Belajar ilmu manasik haji hukumnya adalah wajib, sebab tanpa mengetahui ilmu manasik haji, maka mustahil bagi seseorang untuk dapat melaksanakan ibadah haji, jelas Ahmad Supardi.

Ahmad Supardi lebih lanjut menyatakan, bahwa manasik haji pada tingkat kecamatan telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu, sekarang ini tinggal pemantapan sekaligus pembagian rombongan dan regu. JCH itu dikelompokkan pada regu dan rombongan, dimana masing-masing ada ketuanya. Satu regu terdiri dari 10 orang ditambah dengan seorang Ketua. Satu rombongan terdiri dari 4 rombongan ditambah dengan seorang Ketua.

Diharapkan agar setiap Ketua Regu dan Ketua Rombongan dapat mengkoordinir anggotanya masing-masing, saling tolong menolong antara satu sama yang lain, sehingga dapat melaksanakan ibadah haji dan memperoleh haji mabrur serta dapat pulang ke tanah air dengan selamat.

Terkait dengan kesiapan administrasi, Ahmad Supardi menjelaskan bahwa seluruh administrasi JCH sudah siap, termasuk dengan passport, administrasi kesehatan akan selesai hari ini oleh Dinas Kesehatan dan RSUD Kab Rohul, jelas Ahmad Supardi.

Ahmad Supardi menambahkan, untuk penerbangan domestic dari Pasir Pengaraian menuju Batam, masih dinegosiasi oleh Kepala Dinas Perhubungan HM Riva’i, dengan berbagai maskapai penerbangan. Diharapkan paling lambat alkhir bulan ini, sudah ada kepastian tentang penerbangan, termasuk besaran biayanya, sebab pemberangkatan JCH Rohul menuju Batam diperkirakan tanggal 21 September 2013. (r4n)