Polri dan masyarakat Pelalawan saling bahu membahu memadamkan api
Polri dan masyarakat Pelalawan saling bahu membahu memadamkan api

Pangkalan Kerinci (SegmenNews.com)– Kabupaten Pelalawan akan membuat posko Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di setiap kecamatan.

Posko-posko tersebut akan dipimpin oleh Kapolsek setempat dengan melibatkan BPBD, Danramil, Perusahaan dan masyarakat setempat. Setiap posko ditugaskan memonitoring Karhutla, pemadaman maupun pelanggaran hukum lainnya.

Hal itu disepakati dalam Rapat Kordinasi (Rakor) lintas sektoral dalam menaggulangi kebakaran hutan dan lahan di Aula Mapolres Pelalawan, Jum’at (30/8/13).

Rakor yang dipimpin Kapolres Kapolres Pelalawan AKBP Guntur Aryo Tejo tersebut dihadiri seluruh instansi terkait Karhutla di Pelalawan.

Diakui Kapolres bahwa kamis lalu ada 12 titik lahan seluas 78 hektar yang tersebar di beberapa kecamatan. Walaupun kabut asap sudah berkurang, tapi posko Karhutla tetap didirikan.

“Kemarin kita telah turun melakukan pemadaman dan kini tidak ditemukan lagi ada titik kebakaran lahan. Kondisi kabut asap sudah mulai berkurang. Tapi pembentukan Posko Kahutlah tetap dilakukan untuk antisipasi,” tukasnya. (fin)