polisiPekanbaru (SegmenNews.com)– Kepala Polisi Daerah Riau Brigjen Condro Kirono mendatangi KPU dan Bawaslu Riau untuk memantau kondisi keamanan di seputar kantor KPU dan Bawaslu setempat.

“Kedatangan kami hanya untuk memantau situasi. Apakah keadaan berjalan kondusif atau tidak,” kata Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Riau Brigjen Condro Kirono kepada Antara di Pekanbaru, Jumat sore.

Dalam helatan demokrasi ini, Polda Riau menempatkan pasukan di setiap KPU. Mulai dari KPU Provinsi sampai dengan KPU Kabupaten dan Kota yang ada di Riau. Pasukan yang ditempatkan berasal dari satuan Brimob dan juga Intel.

Pengamanan ini sangat dibutuhkan karena menjelang hari pelaksanaan Pilgubri sementara KPU dan Bawaslu memiliki peran yang signifikan. Segala kebijakan yang diambil KPU akan menjadi buah bibir dan rentan akan munculnya pro dan kontra.

Misalnya saja menjelang Pilgubri ini terdapat tiga kasus yang telah menjalani persidangan dan beberapa masalah lain hanya sebatas tuntutan dan kecaman.

Sayangnya dalam kunjungan Kapolda tersebut, Ketua KPU Riau beserta anggota tidak ada di tempat. Yang bersangkutan sedang dalam agenda sidang bersama DKPP di Jakarta.

“Ketua KPU dan anggota menghadiri sidang DKPP malam ini,” kata salah seorang staf di sekretariat KPU Riau.

KPU menjalani sidang atas gugatan pasangan independen Wan Abubakar-Isjoni (WIN) yang digugurkan dalam seleksi administrasi serta gugatan dalam 12 Daftar Calon Sementara Partai Demokrat.

Setelah itu kata Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Riau Brigjen Condro Kirono langsung menyambangi Bawaslu. Disana Kapolda juga memantau kondisi karena menjelang Pilgubri banyak juga pihak yang berhubungan dengan Bawaslu.

Kedatangan disambut salah satu Komisioner yakni Edi Syarifudin. Secara umum keadaan di Bawaslu aman aman saja meskipun Polda tak menempatkan anggotanya disana.

Saat ini Bawaslu baru hanya menerima satu laporan pelanggaran kampanye dan itupun masih diproses dulu. Memang telah ada beberapa pelanggaran, namun itu masih berada di Panwaslu Kabupaten dan Kota.

sumber: antara