Pesawat Kamov di bandara SSK II Pekanbaru
Pesawat Kamov di bandara SSK II Pekanbaru

Pekanbaru (SegmenNews.com)– Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengirim satu pesawat Kamov yang dilengkapi dengan Bombi Bucket untuk memadamkan kebakaran lahan di Riau, Sabtu (31/08/2013.

“Saat ini Helicopter Kamov telah berada di Bandara lanud pekanbaru dan di jadwalkan besok akan beroperasi untuk wilayah Kampar lokasinya di batu bersurat dengan teknik pemboman air dari udara kapasitas 5000 liter air,” papar Kepala Pelaksana BPBD Riau Said saqlul Amri.

Bantuan pesawat dan helikopter ini merupakan upaya BNPB dalam membantu Provinsi Riau untuk memadamkan sejumlah Karhutla.

“Pesawat yang datang itu gunanya untuk membuat hujan buatan, meminimalisir kabut asap. Sedangkan helikopter Kamov itu, untuk memadamkan Karhutla yang terjadi di beberapa kabupaten, dengan sistim menyiramkan air dari udara,”terangnya.

Dalam masa tranasisi darurat ke pemulihan ini operasi darat tetap dilaksanakan pada sektor kewilayahaan masing-masing kabupaten/kota dan operasi udara tetap berkordinasikan dengan BNPB, BPBD, Dan lanud Roesmin NUrdjadin Pekanbaru.

Ketika ditanyakan sampai kapan beroperasinya pesawat dan helikopter tersebut di Riau?saqlul mengaku belum mengetahuinya secara pasti.”Namun yang jelas, sampai kabut asap dan Karhutla ini tidak ada lagi,” ujarnya.(chir/ur)