wardanTembilahan (SegmenNews.com)– Pemungutan suara pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) yang bersamaan dengan Pemilukada Provinsi Riau, Rabu (4/9) berlangsung aman dan lancar.  Untuk sementara, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Inhil periode 2013-2018, Wardan-Rosman Malomo (Waromah) unggul atas tiga pasangan calon lainnya.

Hingga berita ini ditulis,  pukul 18.00 WIB pasangan Waromah meraup suara sekitar 37,93 persen. Disusul pasangan Edi Syafwannur-Agussalim dengan perolehan suara 29,99 persen, lalu pasangan H Syamsudin Uti-Muslim dengan suara 25,71 persen. Terakhir, pasangan Zainal Abidin-Said Ismail yang hanya mendapat suara 6,37 persen.

Keunggulan sementara ini diapresiasi tim pemenangan pasangan Waromah, Yusuf Said. Ia mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah memberikan kepercayaan kepada pasangan Warohmah untuk memimpin Kabupaten Inhil lima tahun ke depan.

“Pertama, tentu kita ucapkan terima kasih banyak kepada masyarakat yang telah memberikan contoh yang baik dalam pelaksanaan Pilbup Inhil. Selain itu, kita tentu sangat berharap pasangan Warohmah terus unggul sampai hari penetapan,” kata Yusuf di Posko Pemenangan Waromah di Tembilahan, Rabu (4/9).

Sementara itu, kesibukan di ruangan Desk Pemilukada di gedung Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Inhil terlihat cukup tinggi. Semua petugas sibuk merekap data yang masuk, baik data Pemilukada Provinsi Riau maupun Pemilukada Kabupaten Inhil.

Sirajuddin, salah seorang petugas, mengaku rekapitulasi data yang masuk belum tuntas sehingga tak bisa disampaikan kepada masyarakat. “Mungkin tengah malam (tadi malam, red) baru tuntas,” kata Sirajuddin yang mendampingi Asisten I Setdakab Inhil, H Darussalam, Rabu (4/9) malam.

Menurut Riyad Rahim, petugas Desa Pemilukada Inhil lainnya, data yang masuk baru mencapai 20 persen. “Kita belum bisa merekapnya karena data yang masuk baru 20 persen saja,” katanya.
Pemilukada Indragiri Hilir (Perhitungan Sementara)

1. HM Wardan-Rosman Malomo     37,93 persen
2. Edi Syafwannur-Agussalim         29,99 persen
3. H Syamsudin Uti-Muslim         25,71 persen
4. Zainal Abidin-Said Ismail         6,37 persen

(den/ur)