siakSiak (SegmenNews.com)- Para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) bakal meramaikan helatan Perlombaan bergengsi Tour de Siak di Kabupaten Siak.

Pelaku UKM di Indonsia dan Siak bakal menampilkan ekonomi kreatif baik seni dan kerajinan usaha di stand Bazar yang disediakan.  Selain itu, tertanggal 12 mendatang akan dilakukan Fun Bike atlit, yang diikuti para pembalap. Mulai dari istana siak mengelilingi kota Siak, diikuti atlit dari beberapa negara.

“Sebelum perlombaan dilakukan, akan dicelar acara penyambutan seluruh peserta. Dan juga akan dilakukan beberapa perlombaan, serta bazar kreatif. Kita berharap event ini berjalan dengan lancar dan sukses,” ujar Bupati Syamsuar, Selasa (10/9/13) saat konferensi pers.

Adapun Negara yang ikut dalam kompetesisi tersebut yakni, Negara Bahrain, Trenggano, Selangor Malasia, Australia, Tailand, Brunai Darus Salam, Pembalap China Thaipe, Naderland, Singapura dan Indonesa yang meliputi Ikatan Sepeda Indonesia (Isi) Kalbar, Isi Jawa Tengah, DKI, Kastem Jakarta, KSI Jateng, Tim Siak Antangin, Siduarjo Trans Bebas, Tinong Baru dr pesisir selatan.

Sementara hasil lomba fotografi tersebut akan diumumkan pada Hari Ulang Tahun (HUT) Siak ke-14 mendatang.

Usai itu, parade Atlit, memperkenalkan atlit yang bertanding dan dilanjutkan dengan pencabutan undian. Malamnya, Grand Opening.

Usai grand pening ada hiburan Artis dari Jakarta. Dan Tour de Siak akan berlangsung Jumat (13/9/13) pukul 14.00 WIB. Dengan rute atau etape I Siak-menuju sungai apit, dan Sabtu (14/9/13) Siak menuju dayun, Minggu (15/9/13) Siak-Perawang.

Untuk pengamanan event bertarap internasional tersebut akan dilakukan pengawalan oleh Polres Siak, yakni dengan menurunkan 200 Personil, dibagi pengawalan, Markal, dan Pengaman di Tiap Rute. Seluruh personil sudah disiapkan dengan apel, 25 kendaraan roda dua, 5 kendaraan Roda empat.

“Kita siap melakukan pengawalan terhadap peserta Tour de Siak saat berlangsung di jalan raya, dan dengan adanya pengawalan diharapankan bisa meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Kasat Lantas Polres Siak AKP Willy Adrian. (rinto)