Pelabuhan roro Dumai
Pelabuhan roro Dumai

Pekanbaru (SegmenNews.com)- Persidangan KK/JKK Sosial Ekonomi Malaysia-Indonesia (Sosek Malindo) antara Riau/Kepri – Johor/Melaka ke-XI digelar di Johor Baru, Malaysia. Pertemuan ini merupakan pertemuan yang ke 11 antara negeri melayu serumpun yaitu Johor, Melaka, Riau Kepri pada 11-13 September 2013.

Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Riau, Agung P. Mandahu mengatakan, pertemuan sosek malindo membahas 3 (tiga) Kertas Kerja, masing-masing Kertas Kerja I Kerjasama Bidang Ekonomi dan Perdagangan, Kertas Kerja II Bidang Kerjasama Bidang Sosial dan Kebudayaan, dan Kertas Kerja III Kerjasama Bidang Perhubungan dan Keamanan;

Provinsi Riau, menurut Agung pada kerjasama di Bidang Sosial dan Kebudayaan dalam pertemuan tersebut akan membahas tentang hubungan pertukaran pelajar di bidang budaya, tenaga kesehatan untuk bisa magang di negeri melayu serumpun ini.

Selain itu, pada Bidang Ekonomi dan Perdagangan akan dibahas mengenai persiapan jalur roro dumai-malaka.

“Persiapannya sudah sangat lama, kita di Riau sudah mempersiapkan pelabuhannya, kemudian Malaysia sampai saat ini yang belum siap juga. Nanti itu yang akan kita pertanyakan kembali dalam pertemuan sosek malindo,” ujar Agung.

Kemudian pada Bidang Perhubungan dan Keamanan akan dibahas mengenai keamanan terkait penyelundupan, illegal migran, illegal fishing. Agung menjelaskan agar pada bidang keamanan dan perhubungan ini sama-sama memonitor daerah masing-masing.

“Jadi pada pertemuan tersebut, di samping meningkatkan jalinan dan keutuhan negeri serumpun, juga kerjasama untuk meningkatkan perekonomian Riau,” kata Agung. (chir/ur)