bi2Pekanbaru (SegmenNews.com)– Untuk menambah pemahaman, Rakor PNPM Mandiri perdesaan pada 9-10 September 2013 di Hotel Mutiara Mrdeka yang juga menghadirkan narasumber dari Bank Indonesia wilayah Riau. Dalam kesempatan yang sama, Bank Indonesia menawarkan kerjasama dengan PNPM Mandiri Perdesaan Riau dalam rangka mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah.

Dalam penjelasan yang disampaikan Manager Bank Indonesia Pekanbaru, Syahruddin, Bank Indonesia membuka kesempatan bekerjasama dengan stakeholder UMKM. Kerjasama yang dibuka ini, mengingat bank Indonesia memiliki program bantuan teknis, berupa penelitian, pelatihan, penyedia informasi dan membangun program.

“Tugas Bank Indonesia adalah mendorong usaha-usaha kecil menjadi mandiri,” ujar Syahruddin.

Dikatakan, Bank Indonesia perlu menjalin kerjasama dengan jejaring lain yang memiliki peran pemberdayaan langsung ke UMKM. Bantuan ini diberikan bagi UMKM yang sudah ada dan membutuhkan peningkatan kualitas.

Bantuan tidak saja diberikan peningkatan SDM tetapi juga peningkatan produksi. Bantuan ini diberikan Bank Indonesia secara cuma-cuma, namun harus ada pendampingan dan pemantauan, agar bantuan yang diberikan terpelihara dan tepat sasaran.***(rls/put)