SinabungMedan (SegmenNews.com) – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) meletus. Akibatnya, hujan debu melanda kawasan di sekitar gunung.

“Letusan terjadi pagi tadi, sekitar pukul 02.51 WIB,” kata Armen Putra, petugas Pos Pemantau Gunung Api Sinabung kepada wartawan, Minggu (15/9/2013) dinihari.

Letusan itu, kata Armen, memuntahkan abu vulkanik yang melanda desa-desa yang berada di sekitar kawasan.

Letusan Gunung Sinabung, Sumatera Utara (Sumut) menyebabkan warga yang bermukim di sekitar kaki gunung mulai mengungsi. Mereka berupaya menghindar dari abu vulkanik yang dimuntahkan gunung tersebut.

Muhammad Yunus Sitepu, warga Desa Kutarayat, Kecamatan Namanteran, mengatakan, begitu letusan terjadi warga desa dilanda kepanikan. Abu letusan melanda desa.

“Ini kita sudah mulai mengungsi. Ribuan orang sedang mengarah menuju ke Kabanjahe,” kata Yunus kepada wartawan, Minggu (15/9/2013) pagi.

Disebutkan Yunus, abu yang bersumber dari letusan ini sudah menyelimuti rumah-rumah warga. Antara lain di Desa Kuta Rayat, Kuta Gugung, Simacem dan Bekerah di Kecamatan Naman Teran, maupun Desa Suka Meriah di Kecamatan Payung.

Gunung Sinabung yang berada di Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), meletus pada pukul 02.51 WIB. Sejauh ini letusan itu hanya menyebabkan hujan abu di sekitar kawasan.

Belum diterima laporan apakah ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa ini.

(sumber : detik)