annashermanPekanbaru (SegmenNews.com) – Sidang Pleno penghitungan suara Pilgubri 2013 di tingkat KPU Riau akhirnya memutuskan dua pasangan calon gubernur maju ke putaran kedua. Kedua pasangan tersebut adalah nomor urut 1 Herman Abdullah – Agus Widayat dan nomor urut 2 Annas Maamun – Arsjadjuliandi Rahman.

Sidang Pleno yang berlangsung di Hotel Aryaduta, Pekanbaru, sempat diwarnai ketegangan dengan protes keras dan keberatan dari saksi pasangan calon gubernur lain. Bahkan saksi dari kubu Achmad-Masrul walk out dari ruang sidang sebagai wujud protes atas hasil perhitungan suara. Rony Riansyah dkk sebagai saksi pasangan Achmad-Masrul menyampaikan beberapa bukti yang mengindikasikan adanya penggelembungan suara di beberapa daerah diantaranya Pekanbaru, Kampar, Siak dan Pelalawan, dimana terdapat selisih antara jumlah suara sah dan tidak sah dengan jumlah kertas suara yang terpakai.

Sementara itu saksi pasangan Herman-Agus, Marwan Johannes, juga mempertanyakan tingginya tingkat partisipasi warga yang mencoblos di Rohil yaitu mencapai 90 persen. Menurutnya ini kejadian langka yang belum pernah terjadi di Indonesia bahkan di dunia sekalipun.

Saksi pasangan JE-MM menambahkan berkaitan dengan tingginya tingkat partisipasi masyarakat Rohil dalam mencoblos, KPU Rohil harus mendapatkan penghargaan rekor muri.

Atas keberatan beberapa saksi, Komisioner KPU Riau, Asymuni Hasymi SH. mempersilahkan untuk memprosesnya dan menyampaikan keberatan sesuai jalur hukum yang ada dan pleno KPU Riau tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Secara keseluruhan hasil penghitungan suara Pilgubri 2013 putaran pertama adalah :

1. Herman-Agus                       546.714            (23,00%)

2. Annas-Andi                            685.291            (28,83%)

3. Lukman Edy-Suryadi           333.621            (14,04%)

4. Achmad-Masrul                    492.665            (20,73%)

5. JE-MM                                    318.548             (13,40%)

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 4.000.459 orang, total suara sah 2.376.839. (den)