Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, menerbitkan Surat Perintah Masuk Asrama (SPMA) bagi 210 Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Rokan Hulu, sebab JCH Rokan Hulu, akan diberangkatkan pada tanggal 21 September 2013 menuju Bandara Hang Nadim Batam.

Esoknya para JCH tersebut, bersama dengan JCH Kota Pekanbaru, tepatnya pada tanggal 22 September 2013 pukul 09.30 WIB akan diberangkatkan dari Bandara Hang Nadim Batam menuju Bandara AMAA Madinatul Munawwaroh Saudi Arabia, dengan menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines.

Ahmad Supardi Hasibuan, menyatakan bahwa salah satu perlengkapan administrative yang harus dimiliki oleh para JCH untuk dapat masuk asrama haji Batam adalah SPMA. Oleh karena itu, maka secepatnya SPMA tersebut kita terbitkan, untuk selanjutnya dikoordinasikan dengan PPIH Embarkasi Batam.

Menurut Ahmad Supardi, untuk melengkapi perlengkapan para JCH, maka para JCH telah dibagikan kopor dan alhamdulillah semuanya telah dapat. Saya hanya berpesan agar para JCH jangan terlalu banyak membawa barang, sebab dikhawatirkan akan terjadi over kapasitas. Hal ini nanti akan menyulitkan JCH sendiri, tegasnya.

Ahmad Supardi menambahkan bahwa berat isi kopor JCH adalah maksimal 32 Kg, baik waktu keberangkatan maupun waktu pemulangan. Untuk itu, ia berpesan agar JCH jangan terlalu banyak membawa barang sebab akan menyulitkan nanti dalam perjalanan.

Kalau waktu pemberangkatan, biasanya kopor JCH tidak akan berisi penuh dan tidak akan mencapai 32 Kg, namun yang sering jadi masalah adalah ketika pemulangan, barang bawaan Jamaah haji (JH) biasanya berlebih dan terkadang menyulitkan dalam penerbangan, tegasnya.

Ahmad Supardi berpesan agar jangan terlalu banyak belanja di Arab Saudi, sebab JCH ke sana bukan untuk belanja, tetapi adalah untuk menunaikan ibadah haji. Jangan sampai konsenterasi ibadah hilang, gara-gara berbelanja. Oleh-oleh atau barang yang ada di Arab Saudi juga ada di Indonesia, dengan merek dan bahkan kualaitas yang sama, tegasnya. (r4n)