piSegmenNews.com– Belum genap sehari, ormas bentukan Anas itu dipermasalahkan beberapa pihak karena kesamaan nama dan lambang. Padahal, mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum mendeklarasikan ormasnya bernama Pergerakan Indonesia (PI) di Jakarta, kemarin.

Pengamat Politik dari Universitas Gajah Mada, Arie Sujito, mengklaim PI memiliki kesamaan nama dengan ormas yang telah dibentuknya dengan beberapa tokoh masyarkat.

“Tiga bulan lalu sebenarnya kami sudah dengar, Anas buat Ormas PI dan temen-teman PI yang kami berdirikan sejak 2004, kami keberatan,” ujarnya, Senin (16/9/2013).

Arie Sujito menjelaskan PI yang didirikannya hingga saat ini masih tetap eksis dan memiliki anggota di beberapa provinsi. Ia juga sudah memberitahu keberatan ini ke rekan Anas, Tridianto,

“Saya sudah telepon, dia katanya sudah sampaikan ke Anas, tapi kok ternyata namanya tetap sama,” tegasnya.

Ia menyebut penggunaan nama yang sama ini sudah masuk pelanggaran etika, meski perjuangannya memang berbeda. PI yang didirikan Anas bukan sekadar pergerakan politik.

“Publik harus tahu, secara etik Anas menggunakan nama lain dan saya sudah komunikasikan waktu itu, kami sudah lama mengorgansir warga, 15 provinsi pengurus, sudah bekerja di masyarakat,” ujarnya. (rok)(inc)