ilustrasi cpns
ilustrasi cpns

Pelalawan (SegmenNews.com) – DPRD Pelalawan meminta kepada Pemerintah Kabupaten Pelalawan untuk mengutamakan putra daerah dan memiliki Kartu Tanda Penduduk Riau.

”Kita dari DPRD minta kepada pemerintah daerah dalam hal ini Badan Kepegawaian Daerah (BKD) supaya menerima CPNS yang hanya memiliki KTP Riau, terserah keluaran kabupaten mana tapi yang jelas masih di wilayah provinsi Riau,” tegas Ketua Komisi A DPRD Pelalawan Nasarudin SH MH kepada wartawan.
Namun untuk kewenangan khusus ini, BKD harus berkoordinasi dengan Kementerian Aparatur Negara Pusat di Jakarta. Sehingga benar-benar dapat dilaksanakan seleksi CPNS dengan persyaratan kepemilikan KTP Riau dan bukan warga pendatang dari Provinsi tetangga atau luar Riau, demi mengutamakan warga tempatan.

”Untuk itu kita dari DPRD bersama BKD akan segera berangkat ke Jakarta menemui Menpan, untuk mengusulkan agar Pemda diberi kewenangan khusus dalam seleksi CPNS, salah satunya permohonan memakai KTP Riau. Karena dari pengalaman sebelumnya banyak CPNS yang datang dari luar Riau mengikuti tes seleksi, setelah lulus mereka langsung mengajukan pindah ke daerah asalnya,” ujar politisi Golkar tersebut. Imbasnya tentu setiap ada CPNS yang lulus dari luar daerah Riau dan bertugas di kabupaten Pelalawan kemudian pindah, maka jabatan yang ditinggal akan kosong, sehingga masalah kekurangan pegawai di Kabupaten Pelalawan akan selalu terjadi, terutama untuk tenaga guru dan tenaga kesehatan.
Ditambah lagi kemampuan para CPNS yang datang dari luar Riau, rata-rata memiliki kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) lebih dari warga tempatan.

”Kalau tidak ada kewenangan dari pemerintah daerah, bisa saja ramai-ramai orang luar datang ke Pelalawan untuk mendaftar disini. Sedangkan mereka berasal dari daerah maju seperti pulau jawa yang memiliki tingkat kecerdasan dan pengalaman mungkin diatas dari kita. Jadi wajar saja kalau dia lulus dan setelah PNS langsung mengajukan pindah ke daerah asal mereka dan rugi kita,” ulasnya.

Ditambahkan Nasar kepada para masyarakat yang ingin mendaftar CPNS di Pelalawan untuk bersabar dan akan terjadi penundaan. Karena semata-mata dilakukan agar penerimaan CPNS di Pelalawan bisa lebih fair dan bersaing sehat sehingga potensi kemenangan putra daerah bisa lebih besar untuk menjadi CPNS nantinya setelah permohonan kewenangan tersebut di setujui oleh
pemerintah pusat. (den)