raRokan Hulu (SegmenNews.com)– Dinas Pertanian dan Peternakan (Disnakkan) Kabupaten Rokan Hulu terus melakukan penekanan penyebaran virus rabies terhadap binatang jenis anjing. Hingga saat ini tercatat Disnakkan telah memaksin sebanyak 3 ribu
ekor anjing.

Namun menurut Kadisnakkan, marjoko melalui Keswan dan Pengawasan, Drh Zainal Abidin, Jum’at (20/9/13) bahwa pemberian vaksin masih terkendala pemilik anjing yang khawatir terhadap Vaksin rabies tersebut, dengan alasan akan berpengaruh terhadap tenaga anjing dan kesehatannya.

Sehingga tak jarang ditemukan dilapangan para pemilik anjing menyembunyikan anjing-anjing mereka saat tim melakukan sosialisasi dan pemberian vaksin tersebut. Padahal, sebutnya, anjing yang divaksin akan lebih sehat dan terhindar dari penyakit yang berbahaya tersebut.

“Pemilik anjing banyak yang tidak mau anjing mereka di beri vaksin rabies, bahkan mereka menyembunyikan anjingnya. Mereka beralasan, jika anjing mereka di vaksin maka anjing mereka akan lemah tidak kuat lagi. Tapi kenyataanya tidak begitu. Bahkan anjing mereka akan lebih sehat setelah di vaksin,” ungkap Zainal.

Sementara itu, Daerah yang sudah di jalani tim pemberi vaksin yakni, di Kecamatan Tambusai sebab disana terjadi satu anjing rabies menggigit 9 orang dan juga di Kecamatan Kabun dan Tandun.

“Kita terus berupaya sosialisasi dan pemberian vaksin agar virus rabie tidak menyebar,” imbuhnya.(r4n)