dr Wildan Asfan Hasibuan, MKes
dr Wildan Asfan Hasibuan, MKes

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Direncanakan Minggu depan Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Rokan Hulu bakal menurunkan tim penilai ke Rumah Sakit Surya Insani di KM 4 jalan Lingkar, Kecamatan Rambah.

Hal itu disampaikan oleh Kadiskes Rokan Hulu, dr Wildan Asfan Hasibuan, MKes kepada SegmenNews.com, Jum’at (20/9/13) diruang kerjanya usai ekspos RS Surya Insani di aula Diskes. Katanya penurunan tim penilai tersebut menyusul pengurusan perizinan operasional Rumah Sakit tersebut.

Menurut Wildan, tim akan mengecek kebenaran dari ekspos yang di sampaikan pihak RS Surya Insani itu. Untuk perizinan dan persyaratan pengoperasian juga harus sesuai dengan Permenkes.

Tim yang turun yakni, dari Diskes, Badan Lingkungan Hidup, Bagian Hukum dan Badan Perizinan.

“Pihak RS Surya Insani sudah melakukan ekspos, kita hanya tinggal menurunkan tim penilai kelapangan mengecek kebenaran dan penyesuaian persyaratan dalam pengurusan izinnya,” papar Wildan.

Dalam ekspos, Kata Wildan, RS Surya Insani adalah rumah sakit klas D yang memiliki satu dokter spesialis lengkap dengan fasilitasnya dan pembuangan limbah.

“Kita mendorong klinik maupun Rumah Sakit Swasta berkembang di Kabupaten Rokan Hulu, sebab masyarakat akan lebih banyak pilihan untuk berobat,” imbuhnya.

Dijelaskannya, RS Surya Insani adalah Rumah sakit ke-6 dibangun di Rokan Hulu, lainnya yakni RS swasta di Ujung batu Al-Zahra, Awal bros, Torganda, sedangkan Rumah sakit BUMN di PTPN 5 Sei Rokan dan milik Pemerintah RSUD. (r4n)