Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Kepala Dinas Tata Ruang Cipta Karya (TRCK) Kabupaten Rokan Hulu, Drs Yusri menegaskan agar anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan surau suluk Syekh Abdul Wahab Rokan Al-Kholidi di Kecamatan Kepenuhan tidak mempengaruhi efektifitas anggaran tahun 2013, Maka diperlukan pematangan dalam perencanaannya.

“Kita akan kaji ulang kembali mengenai perencanaan pembangunan surau Suluk Syekh Abdul Wahab Rokan ini, agar bisa dilaksanakan pengerjaannya,” papar Yusri kepada wartawan, Senin (23/9/13).

Lanjutnya, perencanaan pembangunan surau suluk senilai Rp 2 miliar itu sudah dikaji selama 3 bulan dan berkonsultasi dengan LKPP. Hasil pengkajian akan diketahui dalam waktu dekat termasuk item pekerjaannya.

Sebagai bahan tambahan, Syekh Abdul Wahab Rokan Al-Kholisdi Naghsabandi adalah seorang wali yang mengembangkan tarekat dan syiar Islam di Kabupaten Rokan Hulu, beliau dilahirkan pada tanggal 19 Rabiul Akhir 1230 H bertepatan dengan tanggal 28 September 1811 M. Tempat kelahiran beliau bernama Kampung Danau Runda, Rantau Binuang Sakti.

Nama besar tuan guru tersebut telah tersohor hingga ke Negeri tetangga, tempat kelahiran beliau juga menjadi salah satu  situs sejarah religius di Kabupaten Rokan Hulu. Bahkan kampung kelahiran tuan guru itu akan menjadi tempat pertemuan dan kegiatan besar keagamaan se-Asia Tenggara pada tahun 2014 mendatang. Oleh itu perlu adanya pengembangan Daerah maupun pembangunan berbagai Insfrastruktur untuk kegiatan besar tersebut. (r4n)