Bupati memimpin rapat evaluasi
Bupati memimpin rapat evaluasi

Rokan Hulu (SegmenNews.com) Wakil Bupati  Kabupaten Rokan Hulu Ir. Hafit Syukri MM membukan secara resmi  pertemuan tekhnis penyuluh se-Kabupaten Rokan Hulu yang ditaja di Hotel Gelora Pasir Pengaraian, Rokan Hulu  Rabu 24 September 2013.

Acara yang digelar oleh Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan kabupaten rokan hulu  dihadiri oleh 130 penyuluh dari 16 kecamatan sekabupaten Rokan Hulu, dan dalam sambutannya wabup menyampaikan bahwa  pertanian merupakan salah satu mata pencarian terbesar dikabupaten Rokan Hulu ini, walaupun secara kuntitas jumlah petani dan lahan yang terbentang luas.

Hal itu juga harus didukukung oleh umber daya manusia (sdm) para petani dan tentunya ilmu ini bukan didapat para petani dari pendidikannya dijenjang formal, namun disini dituntut peran penyuluh pertanian untuk dapat meningkatkan sdm petani  dengan cara intentifikasi  dan ekstensi lahan untuk dapat meningkatkan hasil pertanian yang ada dikabupaten Rokan Hulu ini.

Lanjutnya, para penyuluh juga hendaknya dapat mengkaji secara khusus dalam mencapai swasembada beras 2015 nanti.

Sementara untuk membangun pertanian dibutuhkan SDM yang berkualitas. Lebih dari itu, tersedianya SDM yang berkualitas merupakan modal utama bagi daerah untuk menjadi petani penggerak pembangunan di daerah. Karena itu untuk membangun pertanian, kita harus membangun sumber daya manusianya. SDM yang perlu dibangun di antaranya adalah SDM masyarakat pertanian  agar kemampuan dan kompetensi kerja masyarakat pertanian dapat meningkat.

Wakil Bupati Rokan Hulu Ir. Hafit Syukri MM. Dlam Hal ini juga mengatakan sdm petani hanya dapat dibangun melalui proses belajar dan mengajar dengan mengembangkan sistem pendidikan non formal di luar sekolah secara efektif dan efisien di antaranya adalah melalui penyuluhan pertanian.

Melalui penyuluhan pertanian, masyarakat pertanian dibekali dengan ilmu, pengetahuan, keterampilan, pengenalan paket teknologi dan inovasi baru di bidang pertanian dengan sapta usahanya, penanaman nilai-nilai atau prinsip agribisnis, mengkreasi sumber daya manusia dengan konsep dasar filosofi rajin, kooperatif, inovatif, kreatif dan sebagainya.

Yang lebih penting lagi adalah mengubah sikap dan perilaku masyarakat pertanian agar mereka tahu dan mau menerapkan informasi anjuran yang dibawa dan disampaikan oleh penyuluh pertanian.Tujuan penyuluhan pertanian adalah dalam rangka menghasilkan SDM pelaku pembangunan pertanian yang kompeten sehingga mampu mengembangkan usaha pertanian yang tangguh, bertani lebih baik (better farming), sehingga terwujud petani yang baik dan hasil produksi pertanian yang lebih baik.

Dalam laporan panitia yang disampaikan oleh kepala bkpp Ruslan, M,Si mengatakan Acara yang ditaja selama 3 hari ini diharapkan dapat menambah wawasan para penyuluh pertanian dikabupaten Rokan Hulu ini untuk dapat meningkatkan pertanian di kabupaten Rokan Hulu ini, apalagi agenda ini mengundang nara sumber dari Jakarta  hendaknya dapat dimanfaatkan oleh penyuluh untuk meningkatkan sdm nya dalam peningkatan pertanian dikabupaten rokan hulu ini. (adv/hum)