Hutan Sumpu mulai gundul
Hutan Sumpu mulai gundul

Kuantan Singingi (SegmenNews.com)– Ribuan hektare lahan di Hutan Produksi Terbatas (HPT) Sumpu, di Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuansing, Provinsi Riau sudah digunduli.

Bahkan oknum pejabat Kuansing diduga ikut membabah tanah ulayat masyarakat Desa Sumpu tersebut. Tidak itu saja, PT Merauke, juga disebut-sebut berperan melululantakan kawasan hutan tersebut.

Hingga kini aktivitas pembabatan HPT Sumpu masih terus berlangsung. Membuka kawasan hutan menggunakan alat berat serta melakukan pembakaran masih terjadi.

Kawasan perbukitan di HPT Sumpu sudah rata dan ditanami kelapa sawit yang berusia sekitar dua tahun. Hutan yang seharusnya di lindungi oleh negara betul-betul sudah gundul.

Informasi yang dirangkum, selain oknum pejabat dan oknum anggota Dewan Kuansing juga mendalangi pembabatan HPT Sumpu, seperti warga keturunan asal Medan. Jufri, Marwan warga Desa Serosa, Katijan dan Bambang. Mereka disebut-sebut sebagai dalang menghancurkan kawasan hutan tersebut.

Bahkan, Bupati Kuansing Sukarmis juga mendengar ada oknum pejabatnya yang memilki kebun di daerah tersebut. Jika memang terbukti, Bupati berjanji akan menindaknya.

“Kalau ini terbukti, saya akan tindak oknum pejabat tersebut,” tegasnya. (tk/knc)