Siabah bin Yakub Lubis asal Batang Samo Kec Rambah mendapatkan perawatan di BPHI Madinah karena penyakit jantung
Siabah bin Yakub Lubis asal Batang Samo Kec Rambah mendapatkan perawatan di BPHI Madinah karena penyakit jantung

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA menyatakan bahwa berdasarkan informasi yang diterimanya dari Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Rohul Ahmadi SHI, yang juga Kepala KUA Kec Tambusai Utara, bahwa seorang JCH Rohul saat ini sedang dirawat inap di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Madinah.

JCH tersebut adalah Siabah bin Yakub Lubis asal Batang Samo Kec Rambah. Berdasarkan keterangan yang disampaikan Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD) Rohul dr Mayenru, pak Siabah terindikasi sakit jantung, dengan gejala kaki bengkak, perut mual, dan nafsu makan kurang. Beliau saat ini sedang rawat inap di BPHI Madinah.

Dikatakannya, pak Siabah bin Yakub Lubis memang telah ada gejala sakit sejak dari Rohul, yang dibuktikan dengan adanya rasa sakit di kakinya, Namun demikian, menurut Ahmad Supardi, yang bersangkutan tetap dapat diberangkatkan menuju Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji, sebab sakitnya bukan sakit menular.

“Adapun pak Bisri Musthofa dari Rambah Hilir yang terkena sakit ispa, dan sempat dirawat dua jam di BPHI Madinah, kondisinya sudah cukup baik dan telah kembali ke maktab tempat penginapan kloter 13 yaitu Hotel Wardat Mubarok,” terangnya kemarin sore.

Ahmadi juga melaporkan bahwa pak Siabah tetap akan diberangkatkan ke Makkah pada tanggal 30 September yang akan datang. Jika kondisinya cukup sehat, maka akan diberangkatkan bersama JCH Rohul lainnya. Tetapi jika tidak, maka akan diberangkatkan tersendiri dengan ambulance.

Ahmad Supardi Hasibuan menyatakan bahwa berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) JCH sakit, maka seorang JCH sakit, jika tidak memungkinkan diberangkatkan dengan bus bersama rombongannya, maka JCH sakit tersebut diberangkatkan dengan ambulance, ditemani oleh seorang dokter, dan biayanya ditanggung oleh Pemerintah.

Ahmad Supardi lebih lanjut menjelaskan, bahwa JCH Rohul lainnya, Alhamdulillah sehat wal afiat. Saat ini seluruh JCH Rohul berada di Madinah melaksanakan ibadah Arbaien, yaitu Sholat berjamaah 40 waktu di Masjid Nabawi Madinatul Munawwaroh. Selain itu, melaksanakan sholat di Raudhah, ziarah di makam Nabi Muhammad SAW, Abu Bakar Shiddiq, dan Umar Bin Khattab, serta ziarah ke pemakaman umum Baqi’ Madinah.

Sedangkan ziarah di tempat-tempat bersejarah lainnya, seperti Gunung Uhud, Khandaq, Masjid Quba, Masjid Qiblatain, Pasar Kurma, dan beberapa tempat lainnya, telah dikunjungi JCH Rohul, tegas Ahmad Supardi. (r4n/rls)