bandara-SSK-IIJakarta (SegmenNews.com)– Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru berhasil meraih penghargaan sebagai bandara terbersih di Indonesia.

“Bandara adalah pintu gerbang masuknya wisatawan, baik wisnus atau wisman. Jadi secara nggak langsung, toilet jadi cerminan budaya bangsa sekaligus mencerminkan citra Indonesia,” tutur Menparekraf Mari Elka Pangestu dalam acara Penghargaan Toilet Umum Bersih Bandara 2013 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat baru-baru ini seperti dikutip dari detikcom.

20 bandara nasional dan internasional yang ikut berkompetisi dinilai berdasarkan bintang, mulai dari satu yang terkecil dan lima yang terbesar. Lewat penjurian yang berasal dari Asosiasi Toilet Indonesia (ATI), Kemenparekraf, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, media, dan pemerhati toilet, terpilihlah Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru Provinsi Riau sebagai bandara terbersih dan berhak meraih penghargaan Sapta Pesona menyisihkan 20 bandara lainnya.

“Bandara Pekanbaru menempati posisi pertama dengan skor 89,62. Dapat bintang 4,” tutur Nani S Adiwoso selaku Ketua Panitia Penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih Bandara 2013.

Ditempat kedua Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng dengan skor 83,62. Berikutnya ditempati Bandara Juanda di Surabaya (79,82), Bandara Sultan Hassanudin di Makassar (77,22), Bandara Ngurah Rai di Denpasar (76,27), Bandara Ahmad Yani di Semarang (76,18), Bandara Sultan Badaruddin II di Palembang (75,91), Bandara Sultan Iskandarmuda di Aceh (75,88), Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta (75,74), dan Bandara Minangkabau di Padang (75,60) diperingkat 10.

Dijelaskan Nani, kriteria menjadi pemenang berdasarkan, kebersihan, kelengkapan, kelayakan, kemudahan pemakaian, dan pengelolaan sesuai standar kebersihan. (**)