7Tambusai (SegmenNews.com)– Konflik antara masyarakat Desa Batang Kumu Kecamatan Tambusai dengan PT Mazuma Agro Indonesia (MAI) kembali bergejolak. Tujuh rumah terbakar, namun nihil korban jiwa.

Konflik antara masyarakat Batang Kumu dengan PT MAI ini sebenarnya sudah lama terjadi, namun hingga kini permasalahan terrsebut belum juga terselesaikan dengan baik. Bahkan, Senin Sore (30/9) bentrok kembali terjadi.

Dari rekaman video amatir yang diberikan warga kepada wartawan terlihat jelas bagaimana aksi kedua belah pihak dilapangan yang masing masing membekali diri dengan senjata tajam bahkan dari pihak perusahaan ada yang dibekali dengan senjata api yang membuat warga mundur serta melakukan doa bersama disalah satu tempat, namun disaat mundurnya warga tersebut pihak perusahaan melakukan pembakaran terhadap 6 rumah warga dan warga pun membalas dengan membakar pos keamanan milik Perusahaan di lokasi kejadian.

Dari informasi yang dihimpun sekitar pukul 04.00 wib dini hari (1/10/13), tiga unit rumah warga kembali dibakar oleh orang tak dikenal. Meskipun tidak terjadi korban jiwa dalam insiden tersebut, namun hal ini terjadi karena lemahnya pengamanan yang dilakukan oleh pihak Kepolisian Polres Rokan Hulu maupun dari Danramil setempat sehingga terjadinya konflik dan aksi kericuhan antara masyarakat Batang Kumu dengan Pihak PT MAI.

Sengketa lahan kedua belah pihak seluas 5004 hektar yang hingga kini belum terselesaikan dengan baik. (war/ur)