ruhutSegmenNews.com– Fraksi Partai Demokrat menggelar rapat internal untuk membahas nasib Ruhut Sitompul di Komisi III DPR, Selasa 1 Oktober 2013. Ketua Fraksi Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf mengatakan, hasil rapat akan dibawa ke rapat DPP Partai Demokrat, malam ini.

Hal ini terkait dengan penunjukkan Ruhut sebagai Ketua Komisi III DPR. Namun, keputusan Fraksi Demokrat itu ditolak sebagian besar anggota Komisi III DPR. Beralasan Ruhut tak layak, legislator dari fraksi lain menolak dipimpin Ruhut.

“Saya akan melaporkan apa yang menjadi masukan dari pimpinan-pimpinan fraksi dan mudah-mudahan besok fraksi sudah mendapat arahan,” kata Nurhayati di Gedung DPR, Selasa 1 Oktober 2013.

Sejauh ini, baik Fraksi maupun DPP Partai Demokrat tetap mempertahankan Ruhut sebagai Ketua Komisi III meski sebagian anggota komisi III menolak. “Nanti kami akan bicarakan hasil lobi-lobi itu sendiri,” ujar dia.

Sebagian besar anggota komisi III dari fraksi lain berharap Partai Demokrat mengganti Ruhut. Menanggapi hal ini, Nurhayati mengatakan bahwa kewenangan mengganti Ruhut ada di DPP Partai Demokrat, bukan Fraksi.

“Ini bukan masalah sulit atau tidak. Pimpinan fraksi, komisi adalah menjadi wewenang DPP untuk memutuskannya.Sehingga dalam menjalankan tugas kami selalu mengkonsultasikan ke DPP,” ujar dia.
Nurhayati pun mengakui bahwa ada beberapa fraksi yang meminta agar Demokrat mengajukan nama lain untuk menjadi ketua Komisi III.

sumber: viva