Bukti salinan resep dokter RSUD Siak di apotik
Bukti salinan resep dokter RSUD Siak di apotik

Siak (SegmenNews.com)- Pengobatan gratis sebagai program Pemda, ternyata belum dirasakan masyarakat sepenuhnya. pasalnya, untuk obat-obatan penyakit ringan saja seperti penyakit batuk, inveksi telinga, antibiotik dan radang tenggorokan pasien terpaksa membelinya di apotik sesuai dengan resep dari dokter RSUD.

Padahal jauh hari Pemerintah telah mendeklarasikan pengobatan gratis kepada masyarakat, nyatanya masyarakat harus merogoh kocek hanya untuk membeli obat penyakit ringat yang tidak tersedia di RSUD.

Pembelian obat di apotik dengan resep dokter RSUD tersebut tak hanya isapan jempol belaka, di salah satu apotik di jalan raja Kecik Siak terbukti telah menumpuk salinan resep dokter RSUD.

Karyawan apotik, inisial H, Senin (30/9/13) mengaku rata-rata salinan resep dokter RSUD yang di beli di apotiknya hanya penyakit ringan dan tidak langka, obatu itu juga sering digunakan masyarakat seperti, penyakit batuk, radang tenggorokan, antibiotik dan obat kulit.

“Memang rata-rata, pasien yang datang ke sini (Apotek) banyak yang membawa surat salinan resep dari dokter untuk membeli obat-obat yang diperlukan pasien bang,” ujar H penjual obat di salah satu apotek

Guna mengetahui penyebab kelangkaan obat penyakit ringan di RSUD, Dirut RSUD Siak, Ulfa Hanum yang dicoba di konfirmasi ternyata belum bisa melayani wartawan disebabkan kesibukannya. Dia hanya mengarahkan mengkonfirmasi kepada Kabid Pelayanan.

SegmenNews.com terus mencari tahu penyebabnya dengan mencari Kabid sesuai arahan Dirut RSUD. Ternyata Kabid yang di sebut tak ditempat.

Ketua DPRD Siak Zulfi Mursal yang ditemui merasa heran tak tersedianya obat-obatan tersebut. Dia berharap pihak RSUD Siak agar melakukan pengecekan ulang.

“Masak iya! Untuk pelayanan berobat gratis ini cukup di prioritaskan dan itu sesuai dengan visi dan misi kita, jadi kita berharap pihak RSUD Siak agar melakukan pengecekan ulang dan kita akan tanyakan hal itu,” terang Ketua DPRD Siak.***(rinto)