Wakil Bupati, Ir Hafith Syukri MM memukul gong pertanda dibukanya festival seni budaya Rokan Hulu
Wakil Bupati, Ir Hafith Syukri MM memukul gong pertanda dibukanya festival seni budaya Rokan Hulu

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Wakil Bupati Rokan Hulu, Ir Hafith Syukri MM menegaskan bahwa masuknya budaya asing ke Daerah sudah menjadi hal yang wajar, namun sebagai masyarakat yang menjunjung tinggi nilai keadatan daerah apalagi di Kabupaten Rokan Hulu harus ada strategi untuk mempertahankan budaya itu.

Salah satu contoh strategi pertahanan itu, budaya harus terus di lestarikan dan dikenalkan kepada generasi penerus, seperti pagelaran festival Budaya Rokan Hulu yang dilaksanakan dalam sepekan di mulai tanggal 1 September 2013.

Hal itu di sampaikannya saat pembukaan festival, Senin (1/10/13) malam di taman kota Pasir Pangaraian. Katanya lagi, budaya juga suatu aset dalam mempercepat pembangunan. Pemda Rohul juga memberikan perhatian khusus untuk itu.

Kelestarian seni budaya perlu dilestarikan. Masyarakat perlu saling bahu membahu mempertahankan dan menyusun strategi pengembangan potensi-potensi seni budaya yang ada di kabupaten Rokan Hulu. Dengan adanya festival seni Budaya ini diharapkan mampu menjadi wahana hiburan dan pemersatu untuk menjalin keakraban persaudaraan seluruh elemen.

“Marilah kita menjaga dan melestarikan budaya sendiri dengan mengenalnya lebih dekat melalui Festival seni dan Budaya ini,” ajak Wabup.

Sementara itu ketua panitia festival seni budaya, Hj. Yurika Wati menyampaiakan pagelaran Seni Budaya ini memperlombakan lima cabang seni yakni, gondang gong, yang terdirir dari 16 group, pencak silat 17 group, seni zikir burdah 18 group, seni tari tradisional 13 group dan seni bakoba 16 orang dengan 83 peserta. (adv/hum)