Rizky Amanda (berkalung bunga) siswa Pelalawan perwakilan Propinsi Riau peraih medali emas di ajang karya ilmiah Nasional Tingkat remaja di Bali
Rizky Amanda (berkalung bunga) siswa Pelalawan perwakilan Propinsi Riau peraih medali emas di ajang karya ilmiah Nasional Tingkat remaja di Bali

Pelalawan (SegmenNews.com)- Prestasi membanggakan kembali ditoreh siswa Pelalawan sebagai Kado terindah jelang HUT Pelalawan ke – XIV 12 Oktober 2013 mendatang. Siswa SMP 02 Kecamatan Bandar Seikijang Rizky Amanda Kelas IX anak petani karet meraih medali emas pada Penelitian karya ilmiah Tingkat Remaja Nasional di Propinsi Bali yang ditaja Kementerian pendidikan Nasional sebagai perwakilan Propinsi Riau.

Mengangkat penelitian dengan judul Pengaruh perbandingan konsentrasi perekat dengan bio arang ketapang terhadap lama nyala api briket,berhasil meraih juara 1 diajang yang digelar di Bali 23 hingga 29 September lalu.

Kadisdik Pelalawan MD.Rizal,S.Pd.M.Pd melalui Kabid Kurikulum Salbiah,S.Pd menyatakan rasa syukur dan bangga atas prestasi siswa Kabupaten Pelalawan.Ini kali pertama Kabupaten Pelalawan meraih emas diajang penelitian karya ilmiah Tingkat Remaja Nasional.

“Dengan keberhasilan ini,Kabupaten Pelalawan mampu membuktikan potensi – potensi yang bisa berguna dan bermanfaat dari hal – hal yang sederhana seperti biji ketapang yang bisa menjadi briket, ternyata bisa dibuat menjadi tempe maupun briket.Ini prestasi besar dan harus bisa ditingkatkan lagi dan lebih inovatif dimasa yang akan datang,” Terangnya.

Lebih lanjut dikatakan Salbiah,selain medali emas,siswa berprestasi ini juga mendapat piagam penghargaan dan uang tunai Rp.6 juta.Dari pihak Propinsi juga mendapat bantuan Rp.6 juta. Sedangkan dari Disdik menunggu informasi dari Kepala Dinas,” paparnya.

Sementara itu Kepsek 02 Bandar Seikijang Rusna,mengungkapkan bahwa asal dari penemuan bio arang ketapang diawali dengan penemuan dari biji dalam ketapang menjadi tempe.

Selanjutnya baru ketapang itu diteliti lagi menjadi bio arang briket.jadi ada tim diisi 2 orang dalam penelitian bio arang ini, selain Rizky Amanda juga Firly Apriliano.Namun karena diminta perwakilan 1 orang saja untuk perwakilan Riau maka dikirimlah Rizky Amanda.

” Alhamdulillah Rizky bisa meraih prestasi luar biasa anak dari Bapak Jumin seorang anak petani karet dan tukang muat sawit ini mengharumkan Riau di Tingkat Nasional,” Ujarnya.

Rizky Amanda menyatakan bahwa dirinya berhasil meraih emas diposisi pertama menyusul dari Lampung dengan perak dan perunggu dari DKI Jakarta.

” Kita sebenarnya tim ada 2 orang selain Saya juga ada Firly Apriliano.Jadi ini hasil Kita berdua.Kedepan Kami ingin lebih inovatif lagi untuk menemukan hal – hal yang baru yang bisa bermanfaat bagi orang lain,” Ungkapnya sambil memperlihatkan hasil penelitiannya.

Hadir dalam temu ramah dan konfrensi pers di ruang Sekretaris Disdik Pelalawan Jalal,S.Pd, Kabid Kurikulum Salbiah,S.Pd,Kepsek SMP 02 Bandar Seikijang Rusna.,Zulfiandri Guru pendamping, Para guru IPA Nurlaila ( pembuatan ketapang ) , Devi Aslinda ( penemu Tempe dari ketapang ) dan Supriyati ( penggerak siswa ),dan tentunya Rizki Amanda dan Firly Apriliano tim peneliti bio arang briket dari ketapang serta 3 siswa tim pembuat tempe dari ketapang Suherni Awati. Anisa Siborow, Sumiyati yang duduk di kelas VIII. (fin)