sbySegmenNews.com- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima kunjungan kenegaraan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping dan Ibu Negara Peng Liyuan beserta sejumlah delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 2 Oktober 2013. Xi Jinping beserta rombongan dijadwalkan berada di Indonesia hingga Kamis 3 Oktober 2013.

Kedua pemimpin negara akan membahas isu-isu yang menjadi prioritas bersama sesuai dengan kerangka Kemitraan Strategis. Di antaranya kerja sama ekonomi dan pembangunan, pertahanan dan keamanan, maritim dan perikanan, serta hubungan antar-masyarakat.

“Selain itu, kedua pemimpin akan bertukar pandangan mengenai isu-isu regional dan global yang menjadi kepentingan bersama, termasuk kerjasama di forum East Asia Summit, APEC, dan PBB,” ujar Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah.

Presiden SBY dan Presiden Xi juga dijadwalkan akan menyaksikan penandatanganan beberapa kesepakatan termasuk perjanjian kerjasama pembangunan kawasan industri terpadu dan MoU kerjasama perikanan.

Selain bertemu dengan Presiden Yudhoyono, Presiden Xi dijadwalkan akan melakukan pertemuan dengan Ketua MPR Sidarto Danusubroto dan Ketua DPR RI Marzuki Alie, serta membuka pameran fotografi bertemakan hubungan bilateral RI-RRT. Kedua kepala negara ini juga menghadiri Business Luncheon dengan para pelaku bisnis dari kedua negara.

“Kunjungan Presiden Xi Jinping akan dimanfaatkan oleh kedua negara untuk memperkuat kerjasama bilateral yang sejatinya telah berkembang dengan pesat sejak ditandatanganinya Kemitraan Strategis pada tahun 2005,” kata Faizasyah. (**)

sumber: viva