Alinka Hardianti dan Mico Mahaputra menerima penghargaan juara pertama dan kedua Gymkhana Race War 2013, dengan Toyota Etios Valco TTI
Alinka Hardianti dan Mico Mahaputra menerima penghargaan juara pertama dan kedua Gymkhana Race War 2013, dengan Toyota Etios Valco TTI

Jakarta (SegmenNews.com)– Etios Valco menjadi wakil termuda Toyota melalui Toyota Team Indonesia (TTI) yang beranggotakan talenta muda pada kancah kejuaraan slalom kelas A3. Sepak terjang Etios Valco yang masih belia, menunjukkan prestasi di lintasan slalom. Melengkapi deretan perolehan juara kejuaraan nasional slalom seri V Surabaya lalu, Toyota Etios Valco bersama TTI berhasil menduduki podium satu dan dua kejuaraan Gymkhana Race War yang digelar selama pelaksanaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 di JIExpo, Kemayoran Jakarta.

Hasil positif tersebut berhasil diraih duet pembalap TTI, Alinka Hardianti dan Mico Mahaputra dengan tunggangannya, Toyota Etios Valco. Kolaborasi ini menjadi yang terbaik setelah bertarung dalam lima heat. Akumulasi waktu terbaik ditorehkan Etios Valco dengan perbedaan hampir mencapai 5 detik dengan posisi ketiga. Kelincahan dan ketangguhan sosok Etios Valco menjadi poin penting torehan terbaik pada kejuaraan ini.

“Kami bersyukur, Etios Valco dapat menjadi market leader dengan menghadirkan kendaraan yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama melalui nilai-nilai jual yang dimilikinya. Hasil ini sekaligus menjadi pembuktian akan ketangguhan Etios Valco sebagai penjelajah perkotaan. Kami berharap mampu menjadi fasilitas lahirnya talenta-talenta muda berbakat, melalui Toyota Etios Valco yang berkolaborasi dengan Toyota Team Indonesia,” ujar Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor.

Menurut pihak TTI, Toyota Etios Valco cukup memberikan performa diluar ekspetasi. Kendaraan ini dinilai memiliki dasar yang kuat sebagai kendaraan yang responsif, lincah dalam bermanuver, serta tangguh. Hal ini dibuktikan dengan modifikasi minim yang diaplikasikan terhadap Etios Valco. Tidak hanya minim, Etios Valco juga dinilai memiliki tingkat kesulitan rendah untuk dimodifikasi. Keadaan ini memungkinkan seluruh pengguna Etios Valco dapat membuat kendaraan lebih personal dengan pengaplikasian modifikasi tertentu.

Koleksi deretan prestasi Etios Valco pada kejuaraan slalom sekaligus menjadi bukti ketangguhan Etios yang dirancang dan didesain sesuai dengan pasar Indonesia ini. Etios Valco yang diproduksi di Indonesia memang ditingkatkan baik dari segi kualitas dan fiturnya, dengan tujuan memenuhi karakteristik kebutuhan masyarakat Indonesia.

“Toyota Etios Valco Indonesia memiliki spesifikasi berbeda, yang disesuaikan dengan requirement pasar Indonesia. Pada awalnya, hal ini menjadi tantangan bagi kami. Kami bersyukur melalui masukan-masukan yang membangun dan disertai semangat Kaizen Toyota, kami mampu menghadirkan kendaraan dengan paket terlengkap di kelasnya,” tambah Johnny Darmawan.

Etios Valco berkompetisi di kelas A3 yang berisikan kendaraan-kendaraan produksi di atas tahun 2000 dengan kapasitas mesin maksimum 1.200cc, dan berpenggerak depan. Setahun terakhir kejurnas slalom kelas A3 ini memang menjadi sorotan, mengikuti perkembangan produk-produk baru pada segmen low hatchback ini. Toyota Indonesia berusaha memenuhi berbagai kebutuhan pasar dengan memberi bekal desain dan fitur-fitur fungsional yang lengkap di kelasnya. Etios Valco mampu menunjukkan ketangguhannya sebagai penjelajah lintasan aspal, sesuai dengan filosofi “Falcon” yang tangguh namun tenang ketika menjelajah.

Sedangkan modifikasi yang bisa dilakukan hanya sebatas penggantian suspensi dengan model coilover, sistem pengereman belakang dengan sistem hidraulis, dan penambahan alat untuk pemetaan sistem komputer mesin. Selebihnya harus dibiarkan dalam keadaan standar.

Di kelas lain, Toyota juga berhasil meraih prestasi melalui Toyota Yaris yang menduduki peringkat satu dan dua pada ajang yang sama.***(rls/put)