mekkahRokan Hulu (SegmenNews.com)– Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, menyatakan bahwa berdasarkan laporan rutin yang diterimanya dari Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Rohul Ahmadi SHI dan Damrah SSos dari Makkah, Jamaah Calon Haji (JCH) Rohul saat ini berada di Makkah dan berada dalam keadaan sehat wal afiat.

Demikian disampaikannya kepada wartawan, menjawab pertanyaan tentang kondisi JCH Rohul di Arab Saudi, Jum’at (4/10/2013) bertempat di kantornya, Jalan Ikhlas Kompleks Perkantoran Pemerintah, Pasir Pengaraian.

Ahmadi dan Damrah melaporkan bahwa JCH Rohul yang berada di daerah Jumaizah, maktab 305, An-Nawal Golden Hotel, 2 KM dari Masjidil Harom Makkatul Mukarromah, secara umum berada dalam keadaan sehat wal afiat. Kegiatannya adalah sholat berjamaah di Masjidil Harom dan ada juga yang melaksanakan Thowaf sunat dan bahkan Umroh sunat.

Namun demikian, ada juga yang tidak bisa sholat berjamaah setiap waktu ke Masjidil Harom, khususnya bagi JCH yang lanjut usia (lansia). Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kesehatan sebagai persiapan untuk melaksanakan wukuf pada 9 Zulhijjah yang akan datang.

Ditambah dengan kondisi Masjidil Harom yang sedang direnovasi, lapangannya sedikit menyempit, dan JCH berdesak-desakan, sebab JCH saat ini berduyun-duyun berkumpul ke Makkah.

Ahmadi dan Damrah juga melaporkan bahwa JCH Rohul atas nama Siabah bin Yakub Lubis, yang terkena serangan jantung dan sempat dirawat di Balai Pengeobatan Haji Indonesia (BPHI) Madinah, saat ini sudah berada di Makkah bersama JCH Rohul lainnya. Namun kondisi Pak Siabah masih sakit dan dirawat di BPHI Makkah.

Ahmad Supardi Hasibuan memohon doa umat Islam Rohul, baik yang di tanah suci maupun di tanah air, agar mendoakan pak Siabah supaya cepat sembuh dari penyakitnya, sebab sampai saat ini yang bersangkutan belum melaksanakan umroh haji, yaitu belum thowaf, belum sa’i, dan belum tahallul. Beliau belum diijinkan oleh dokter untuk melaksanakan umroh, sebab kakinya masih bengkak, tegas Ahmad Supardi.

Ahmadi juga melaporkan bahwa pak Salim Yus yang sempat tertinggal di Batam karena ditengarai sakit menular TBC, saat ini sudah bergabung kembali dengan kloter 13 JCH Rohul dan Kota Pekanbaru. Pak Salim Yus telah bergabung kembali dengan kloter awalnya dan telah berkumpul dengan istrinya, jelas Ahmadi, TPHD Rohul yang juga Kepala KUA Tambusai Utara. (r4n)