rsud siakSiak (SegmenNews.com)– Anggota DPRD Siak, Ismail, S.H., menilai pengurusan administrasi pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Siak terlalu berbelit-belit. Untuk itu, Ismail meminta Pemkab Siak untuk memperbaiki hal tersebut, karena sangat merugikan pasien.

Ia mengakui, sudah sering menerima pengaduan masyarakat, terkait pelayanan kesehatan RSUD Siak, terutama bagi pasien miskin pengguna jamkesmas/jamkesda. Karena itu, ia merasa prihatin dengan pada nasib masyarakat miskin yang sakit, khususnya yang harus menjalani rawat inap dan mesti dirujuk.

“Mereka selalu dipingpong dalam pengurusan administrasi sehingga tidak sedikit yang kebingungan. Adakalanya, si sakit dibawa hilir mudik, sampai ada yang meninggal di jalan,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, suatu ketika, seorang warga Perawang sakit dan masuk Puskesmas Perawang. Si pasien kemudian harus dirujuk ke RSUD Siak. Ternyata pihak RSUD mengaku tidak sanggup menangani pasien tersebut dan merujuk si pasien ke Rumah Sakit di Pekanbaru.

“Di sinilah, masalah timbul, di mana pengurusan administrasi tidak cukup hanya dari pihak RSUD Siak saja, namun mesti ke Dinas Kesehatan, yang mengakibatkan pasien tersebut terbengkalai tanpa penanganan menunggu pengurusan administrasi,” terangnya.

Ismail berharap, ke depan Pemkab Siak dapat memperbaiki sistim administrasi pelayanan kesehatan dan tidak hanya memangkas birokrasi dalam hal pengurusan administrasi kependudukan (adminduk) semata.***(adv/rin)