apelRokan Hulu (SegmenNews.com)- Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad Msi mengajak seluruh pegawai dilingkungan Pemerintahan Rokan Hulu agar berqurban di hari raya qurban tanggal 15 oktober 2013 nanti.

Ajakan tersebut disampaikan Bupati saat apel gabungan, Senin (7/10/13). Waktu yang sudah dekat diharapkan SKPD juga segera mencari hewan kurban.

Qurban diberikan kepada fakir miskin dan kaum duafa , itu akan menambah kebahagiaan bagi kaum duafa karena pada hari tersebut semua masyarakat tanpa terkecuali dapat menikmati daging qurban.

Dalam apel tersebut Bupati juga menyampaikan ihwal qurban bahwa Di masa Nabi Ibrahim AS, Allah memerintahkan kepada beliau untuk mengurbankan anaknya terkasih Ismail AS. Tanpa ragu, dan setelah mendapat persetujuan langsung dari Ismail AS, prosesi qurban dilaksanakan.

Saat pedang yang sangat tajam telah diletakkan di tenggorokan Ismail dan prosesi qurban akan dimulai, Allah SWT menggantinya seketika dengan seekor hewan qurban yang gemuk. Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS, lulus dari ujian cinta dan keterikatan duniawi.

Cinta kepada Allah, ketaatan dan pengabdian kepada Allah SWT diletakkan segalanya di atas cinta kepada apa pun dan siapa pun juga di dunia ini. Allah SWT menjadi muara awal dan akhir kehidupan.

Hal itu merupakan hikmah dari peristiwa ini. Yang dilakukan oleh Ibrahim Dan Ismail yang seharusnya dapat kita contoh terutama bagi masyarakat yang mampu untuk melaksanakan qurban. Dan kita, dapat menjadi perwujudan nyata dari karakter yang dibangun oleh semangat dan jiwa qurban. (adv/hum)