Sekda, Ir Damri membuka acara sosialisasi LP2P
Sekda, Ir Damri membuka acara sosialisasi LP2P

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Untuk meningkatkan integritas Pejabat atau Pegawai di lingkungan PNS serta sejalan dengan perkembangan satuan kerja perangkat daerah perlu dilakukan penyesuaian terhadap ketentuan mengenai kewajiban dan tata cara penyampaian Laporan Pajak-Pajak Pribadi (LP2P) bagi Pejabat atau Pegawai.

Oleh itu, Infektorat Rokan Hulu menaja sosialisasi tata cara pengisian laporan pajak–pajak pribadi (lp2p) yang digelar di Hotel Sapadia, Selasa (8/10/13) dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Rokan Hulu Ir.Damri.

Menurut Sekda, pada prinsipnya seluruh pejabat PNS golongan III dan IV di setiap satker berkewajiban untuk melaporkan lp2p Kepada Insfektorat. Kemudian dilanjutkan kemendagri.

Manfaatnya sangat jelas kata Sekda, laporan tersebut berguna untuk pencegahan kebojoran penerimaan uang Negara dari sektor pajak. Maka dengan adanya acara ini diharapkan kepada kepala satker agar rutin menyampaikan setiap tahunnya laporan lp2p ke intansi terkait.

Kegiatan Sosialisasi LP2P tersebut di laksanakan selama 3 hari diikuti 75 orang peserta dari satker dijajaran pemkab rokan hulu.

Kepala inspektorat Rohul, H zulfikar Ahmad, SH,MH menyampaikan, pelaksanaan acara ini berdasarkan ketentaung UU RI no 6 tahun 1993 tentang tata cara perpajakan, UU No 7 tahun 1993 tentang pajak penghasilan, KPTS, Mendagri no 4 tahun 2004 tentang LP2P untuk menyatukan persepsi tentang pelaporan lp2p yang cepat dan tepat dalam tertip administrasi.

Dari data Infektoirat Rohul, peserta pajak tahun 2012 tercatat yang megurus LP2P golongan III sebanyak 801 pegawai sedangkan untuk gol IV sebanyak 201 orang. Di tahun 2013 golongan III sebanyak 401 orang diperkirakan 50 persen sudah mengurus lp2p data tersebut bukan terjadi penurunan namun yang mengurus hal ini disebabkan kebutuhan LP2P ini disamping untuk syarat naik pangkat juga untuk laporan akhir tahun.

Pengurusan LP2P ini akan banyak diurus akhir tahun, oleh karena itu mengingat saat ini baru dibulan Oktober maka PNS belum banyak yang mengurus LP2P ini untuk itu zulfikar himbau PNS agar hendaknya dapat mengisi LP2P jelang akhir tahun ini. (adv/hum)