Kakan Kemenag memberikan bimbingan
Kakan Kemenag memberikan bimbingan

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Sebanyak 40 pasang Calon Pengantin di Rokan Hulu mengikuti Bimbingan dan Pembinaan Calon Pengantin. Kegiatan yang ditaja Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu tersebut dilangsungkan, Selasa (8/10) di Hotel Sapadia Pasir Pengaraian.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu,Drs.H.Ahmad Supardi,MA dalam sambutannya mengatakan kegiatan bimbingan dan pembinaan calon pengantin ini merupakan sesuatu hal yang dinilai sangat penting dilakukan mengingat tingginya angka perceraian di tengah masyarakat dewasa ini.

Kepada para calon pengantin, Ahmad Supardi berpesan agar kegiatan yang ditaja selama sehari tersebut bisa diikuti serius oleh peserta. Karena akan sangat banyak manfaatnya dalam membina rumah tangga yang bahagia sakinah mawaddah warohmah.

Kakan Kemenag juga mengungkapkan, keluarga merupakan unit terkecil yang penting dalam pembentukan dan pembinaan keluarga sakinah. Keluarga akan membentuk karakter dan berpengaruh kepada lingkungannya. Jika karakter itu baik maka akan berpengaruh baik kepada lingkungannya, tetapi sebaliknya jika tidak baik maka akan berpengaruh tidak baik pula kepada lingkungannya yang tidak baik. Karakter itu juga akan berpengaruh luas bahkan akan menjelma menjadi karakter bangsa.

Masyarakat yang terbangun dari keluarga sakinah adalah masyarakat marhamah yang selanjutnya membentuk bangsa yang baldatun thayibatun warabbun ghafur. Untuk menjadikan keluarga bangsa yang sakinah, maka diperlukan keteladanan, hal ini menjadi penting karena keteladanan akan ditiru, diikuti dan diteladani oleh masyarakat secara luas, dan ini akan berdampak baik bagi penciptaan karakter bangsa yang baik ditengah meluasnya pengaruh budaya yang tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur agama dan akhlakul karimah sebagai efek negatif dari globalisasi, kemajuan ilmu pengatahuan dan tekhnologi informasi dewasa ini.

Sementara itu Kepala Seksi Bimas Islam, H. Rusli,M.Sy dalam laporannya mengatakan, kegiatan bimbingan dan pembinaan Calon Pengantin ini merupakan kegiatan yang mulai ditaja Kemenag tahun 2013 ini.

Kegiatan yang dibiayai melalui DIPA Kan.Kemenag Rokan Hulu ini mendatangkan Narasumber dari Kanwil Kemenag Provinsi Riau antara lain, Kabid Urais dan Binsyar,Drs. Asmuni,MA dengan tema materi Pendidikan Agama dalam Kelurarga, Kasi Pemberdayaan KUA dan Keluarga Sakinah,H.Dalil,MA dengan tema materi Membangun Keluraga Sakinah. Untuk materi Kebijakan Kemenag tentang Pembinaan Calon Pengantin disampaikan Kepala Kan.Kemenag Kab. Rokan Hulu, Drs.H Ahmad Supardi,MA, dan materi Fiqh Munakahat disampaikan Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Rokan Hulu,H. Rusli,M.Sy.
Sementara sebagai pesertanya adalah Calon Pengantin yang sudah mendaftarkan pernikahannya ke KUA Kecamatan di 16 KUA Kecamatan se Rokan Hulu.(sopian/rls)