akhil mukhtarJakarta (SegmenNews.com)- Detik-detik penangkapan Ketua Mahkamah Konstitusi (kini nonaktif), Akil Mochtar, terbilang cepat dan membuat kaget ajudannya. Salah satu ajudan Akil, Inspektur Dua Kasno, membeberkan detik-detik terakhir jelang penangkapan hakim konstitusi itu oleh tim KPK, Rabu malam pekan lalu.

Seperti biasa, pada Rabu, 2 Oktober 2013, malam itu, kata Kasno, rombongan Akil pulang dari kantor MK pada pukul 20.15. Perjalanan sampai ke rumah dinas di Kompleks Widya Chandra, hanya memakan waktu setengah jam.

“Setelah sampai, Pak Akil masuk ke kediaman. Kami (ajudan) makan malam dengan teman-teman lain,” ujar Kasno.

Pada pukul 21.00, kisahnya, datang dua tamu terdiri dari laki-laki dan perempuan. “Keduanya kemudian dipersilakan penjaga rumah untuk ke teras,” katanya.

Kemudian sekuriti masuk ke dalam rumah untuk menyampaikan kedatangan tamu kepada sang pemilik rumah. “Tamu saat itu belum sempat masuk ke rumah,” katanya.

Bersamaan dengan sekuriti masuk ke dalam rumah, datang petugas KPK yang langsung sigap menghampiri kedua tamu. “Saat petugas KPK datang. saya terkejut dan kaget. Mereka datang dengan tiba-tiba. Saya tidak bisa berpikir apa-apa lagi,” ujar Kasno.

Setelah petugas KPK datang, dalam waktu singkat, Akil kemudian keluar rumah untuk menghampiri kedua tamu. dan petugas KPK. “Pak Akil dan kedua tamu langsung dibawa ke kantor KPK,” katanya.

Kasno beserta sekuriti rumah dinas mengaku tetap berada di rumah begitu sang majikan diboyong petugas KPK. Dua jam berselang, Tim KPK datang untuk menggeledah kamar Akil dan istri serta membawa tas.

“Kami diminta menyaksikan, tas kemudian dimasukkan ke mobil Toyota Crown RI-9. Mobil kemudian disegel,” ujar Kasno.

sumber: viva